Proyek-proyek BUMN Bakal Didorong Genjot Pengembangan UMKM

Ilustrasi produk UMKM.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

VIVA – Menteri Badan Usaha Milik Negara atau Kementerian, Erick Thohir baru saja melantik empat orang pejabatnya yang berada di lingkungan eselon I kementeriannya. Salah satunya Loto Srinaita Ginting sebagai Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM.

Ganjaran Kementerian BUMN untuk Pelindo karena Bantu Promosikan UMKM

Ditemui di kantor Kementerian BUMN, Loto mengaku ditugasi secara khusus oleh Erick Thohir, untuk membangun kolaborasi antara perusahaan-perusahaan pelat merah dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Agar keduanya bisa sama-sama tumbuh," kata Loto di Kementerian BUMN, kawasan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa 4 Februari 2020.

Erick Beberkan Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi 

Mantan Direktur Surat Utang Negara Ditjen Pengelolaan dan Pembiyaan Risiko Kementerian Keuangan itu berharap, dengan terjalinnya kolaborasi BUMN dan UMKM nantinya mereka akan bisa tumbuh beriringan dan saling menyejahterakan.

"Setidaknya proyek-proyek BUMN bisa turut berdampak kepada pengembangan UMKM," ujarnya.

Pelindo Bantu Warga yang Mau Mudik Lebaran Tapi Terkendala Biaya

Mengenai rencana Erick Thohir yang sebelumnya mengaku berambisi untuk menjadikan Sarinah sebagai pusat UMKM, Loto mengaku belum terlalu jauh membahas tentang hal tersebut dengan sang menteri.

Dia hanya menjelaskan, secara menyeluruh, nantinya BUMN juga akan diarahkan agar bisa memenuhi sejumlah tanggung jawab dan fungsi sosial. Khususnya sebagai agen pembangunan.

"Termasuk dalam hal sama-sama bersinergi dengan UMKM, agar bisa sama-sama berkembang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya