Didaulat Jadi Tuan Rumah ASEAN-WEF 2020, Ini yang Disiapkan Indonesia

World Economic Forum.
Sumber :
  • Dokumentasi Kominfo.

VIVA – Indonesia telah ditunjuk untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan ASEAN World Economic Forum atau ASEAN-WEF 2020, yang rencananya akan digelar pada Juli 2020 mendatang di Jakarta.

Tantangan Indonesia Sebagai Ketua ASEAN 2023

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Panjaitan memastikan, acara ini akan jadi ajang besar yang mempertemukan banyak pelaku ekonomi, khususnya di kawasan ASEAN dan sekitarnya.

"Nanti ada 35 negara dan ada 700 CEO, kemudian ada 1.100-an peserta," kata Luhut di kantornya, kawasan Thamrin, Jakarta, Senin 10 Februari 2020.

Tantangan ASEAN di Usia ke-55 Tahun

Mengenai alasan di balik penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan ASEAN-WEF 2020 kali ini, Luhut menilai hal itu karena kapasitas yang bisa dilakukan Indonesia sendiri dalam menyelenggarakan perhelatan akbar tersebut.

Sebab, dipastikan bahwa cakupan peserta dan para undangan yang akan hadir juga akan lebih luas, hingga mencakup negara-negara di kawasan Afrika dan Pasifik. 

Di Forum WEF, Jokowi Promosi Investasi di Indonesia Banyak Insentif

"Karena WEF melihat Indonesia tuh agak lain dengan WEF di Vietnam. Formatnya lebih besar, Indo-Pacific," kata Luhut.

"Jadi ada beberapa negara Afrika, India, Pakistan, Bangladesh, kemudian nanti dari pasifiknya ada New Zealand, Australia, Jepang," ujarnya.

Senada, Wakil Menteri Luar Negeri, Mahendra Siregar menjelaskan, fokus penyelenggaraan ASEAN-WEF 2020 kali ini akan mengacu pada perkembangan dan pembangunan infrastruktur serta konektivitas di Indo-Pasifik.

"Jadi Indo-Pasifik itu, sebagai satu konsep kawasan, sudah menjadi prioritas dan juga katakanlah fokus dari seluruh negara ASEAN yang pada waktu lalu memang sering dijadikan semacam persaingan antara negara-negara besar, untuk berebut pengaruh," kata Mahendra.

"Nah, tapi sekarang kita sudah dapat suatu kesempatan untuk melihat ini sebagai sebuah konteks yang lebih operasional dalam hal pembangunan infrastruktur," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya