Perusahaan Patungan PT Kereta Api dan MRT Jakarta Resmi Terbentuk

Kamera pengawas (CCTV) terpasang di kereta Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta fase I koridor Lebak Bulus - Bundaran HI saat diuji coba di Jakarta, Kamis, 7 Februari 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Manajemen PT Kereta Api Indonesia menyatakan anak usaha patungan perseroan dengan PT Mass Rapid Transit Jakarta telah resmi terbentuk. Anak perusahaan baru itu bernama PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek, yang bergerak di bidang usaha utama transportasi.

Langkah MRT Jakarta Atasi Sistem Pembayaran yang Buat Antrean Panjang

Dalam penjelasannya kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang dikutip Senin 17 Februari 2020, anak usaha itu dibentuk berdasarkan akta pendirian no.11 yang dibuat di Jakarta. Entitas anak perusahaan berkedudukan di Jakarta Pusat.

"Bidang usaha, transportasi perkeretaapian terintegrasi di wilayah Jabodetabek," tulis keterangan itu yang ditandatangani Executive Vice President Corporate Secretary PT Kereta Api Indonesia Agus Komarudin.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Modal dasar pembentukan anak usaha itu Rp80 miliar dan modal disetor Rp50 miliar. Pemegang saham, PT Mass Rapid Transit Jakarta sebesar 51 persen atau setara dengan Rp25,5 miliar, sedangkan PT Kereta Api Indonesia 49 persen atau setara Rp24,5 miliar.

Alasan pembentukan entitas anak perusahaan adalah untuk menunjang kegiatan usaha utama perusahaan di bidang transportasi. Pendirian anak perusahaan itu akan menunjang kegiatan operasional grup perseroan, berkaitan dengan integrasi transportasi.

Pemprov DKI Jakarta Dukung Kerja Sama Proyek MRT Berkonsep TOD dengan Jepang

Pembentukan anak perusahaan itu juga tidak berdampak negatif terhadap kondisi keuangan perseroan. Pendirian anak perusahaan yang akan menopang kegiatan operasional itu juga akan menunjang kelangsungan usaha grup perseroan.

MRT Jakarta

MRT Jakarta Places Ticket Vending Machine to Reduce Queues

 MRT Jakarta put vending machine equipped with QR code payment at every corner of the station to reduce queues during peak hours.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024