Ambisi Google Latih Dua Juta UKM Indonesia Sampai 2021

Google latih UKM di Indonesia
Sumber :
  • Mohammad Yudha Prasetya/VIVAnews

VIVA – Google memiliki aplikasi baru bernama Google Primer, yang bertujuan untuk 'mematangkan' para pemilik usaha rintisan maupun pemilik usaha kecil dan menengah. Ini dilakukan melalui pelatihan dalam upaya mereka mengembangkan bisnisnya.

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini

Managing Director Google Indonesia, Randy Jusuf menjelaskan, Google Primer ini merupakan kesinambungan dari pembukaan tempat pelatihan bernama Gapura Digital, yang tersebar di 10 kota di Indonesia sejak 2017 silam.

Dari Gapura Digital yang berada di kota-kota seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Medan, Pontianak, dan Makassar itu, Randy mengklaim telah melatih lebih dari satu juta pelaku UKM di Indonesia.

7 Rahasia Google

"Hingga kini kami sudah melatih lebih dari 1,5 juta UKM di Indonesia," kata Randy di Perpusnas, Jakarta, Selasa 18 Februari 2020.

Tak cukup sampai di situ, Google pun akan melakukan penambahan lokasi pelatihan di sejumlah kota lain, seperti misalnya Banda Aceh, Samarinda, Balikpapan, Pekanbaru, dan Kupang.

Google Fires 28 Employees Because of Nimbus Project

"Penambahan lokasi ini akan membuat kami semakin dekat dengan tujuan kami yakni untuk melatih dua juta UKM sampai tahun 2021 mendatang," ujar Randy.

Dia juga menjelaskan, sejak tahun 2017 lalu, saat Google Primer dirilis, hingga saat ini aplikasi tersebut sudah meluncurkan 127 pelajaran dalam bahasa Indonesia.

Data Google sendiri mencatat, lebih dari tiga juta orang Indonesia diketahui juga telah meng-install dan memanfaatkan aplikasi tersebut.

"Karena yang kita perlukan dalam mengembangkan UKM adalah sedikit bantuan di saat yang tepat, dan di situ lah Google Primer hadir," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya