Logo BBC

Perang Suriah: Mengapa Pertempuran Idlib Begitu Penting?

- AFP
- AFP
Sumber :
  • bbc

Bencana kemanusiaan sedang terjadi di bagian barat laut Suriah, tempat pasukan loyalis Presiden Bashar al-Assad menggencarkan serangan guna merebut kembali Provinsi Idlib yang masih dikuasai kubu oposisi.

Serangan udara serta operasi darat pasukan Pemerintah Suriah telah memaksa hampir satu juta warga sipil mengungsi dari rumah mereka sejak Desember. Jumlah pengungsian terbesar dalam satu insiden sejak perang Suriah berlangsung sembilan tahun lalu.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebut pertempuran di Idlib dapat menghasilkan "banjir darah".

Mengapa Idlib begtu penting?

Provinsi Idlib beserta sebagian Hama, Latakia, dan Aleppo merupakan tempat pertahanan terakhir kelompok-kelompok pemberontak dan jihadis yang mencoba menggulingkan Presiden Al-Assad sejak 2011 silam.

Kubu oposisi sempat menguasai sejumlah wilayah Suriah, namun pasukan pemerintah telah mengambil alih sebagian besar wilayah tersebut selama lima tahun terakhir dengan bantuan kekuatan udara Rusia dan milisi sokongan Iran. Kini, pasukan pemerintah hendak "membebaskan" Idlib.


Kubu pemberontak dan jihadis menguasai Idlib pada 2015 - Reuters

Dalam beberapa tahun terakhir, gelombang pengungsi telah menggandakan populasi Idlib menjadi sekitar tiga juta orang, termasuk satu juta anak-anak.

Letak Idlib juga strategis bagi pemerintah. Provinsi itu berbatasan dengan Turki di bagian utara serta dilintasi jalan raya di bagian selatan dari Kota Aleppo ke Ibu Kota Damaskus hingga ke Kota Latakia di pesisir Mediterania.