Risiko K3 Tinggi, Pertamina Simulasikan Lokasi Kerja Aman

Simulasi kerja aman PT Pertamina
Sumber :
  • Pertamina

VIVA – PT Pertamina sebagai perusahaan yang bergerak di bisnis energi memiliki risiko keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang relatif lebih tinggi. Proses bisnis hulu migas, midstream, dan hilir migas memiliki potensi risiko masing-masing.

Kadin dan ILO Berkolaborasi Tingkatkan K3 dan Pencegahan COVID-19

Sejak awal, kondisi ini senantiasa diidentifikasi dan dimitigasi, untuk bisa menghindari atau meminimalisasi risiko bahaya tersebut. 

Seperti yang dilakukan oleh Pertamina di lingkungan Marketing Operation Region (MOR) III, dengan melaksanakan kegiatan Simulasi Lokasi Kerja Aman (Safe Work Practice).

Dalam Tiga Bulan, Serapan Produk UMKM di Pertamina Capai Rp3,5 Miliar

Rangkaian pelatihan yang terdiri atas teori dan praktik ini dilakukan selama tiga hari dengan praktik keselamatan di perairan, bekerja pada ketinggian, paparan radiasi, isolasi energi, serta scaffolding and lifting operation. 

Unit Manager Communication and CSR MOR III, Dewi Sri Utami mengatakan, kegiatan ini sudah berjalan rutin sejak 2017.

X-Trail Baru Dijual Rp370 Jutaan, dan Perusahaan Amerika Mau Investasi

"Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan kita pada kondisi berisiko. Dengan melibatkan pekerja baik di lingkup Health Safety Security and Environment (HSSE) serta dari bagian lain dengan harapan agar keselamatan dan keamanan kerja bisa menjadi budaya di seluruh aspek pekerjaan,” ujar Dewi dalam keterangan tertulis, Rabu 4 Maret 2020.

Dewi menambahkan, kali ini sebanyak 40 karyawan Pertamina di bidang operasi dan peremajaan ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. 

Tak hanya simulasi, peserta juga diberi pembekalan berupa teori dan prosedur standar operasi (SOP), supaya memahami dan dapat melakukan sesuai prosedur yang berlaku di Pertamina dan best practice perusahaan migas dunia.

Simulasi kerja aman ini dilakukan sebagai bentuk implementasi pedoman 12 Corporate Life Saving Rules sebagai semangat HSSE yang berada dalam setiap aspek pekerjaan. 

"Pertamina berkomitmen dalam menjunjung perilaku dan budaya HSSE yang manfaatnya akan dirasakan bagi diri sendiri, bagi keluarga, dan masyarakat di sekitar kita," tutur Dewi.

Zakiudin, salah satu peserta simulasi menilai kegiatan semacam ini akan sangat membantu dalam pekerjaannya. 

"Saya belum pernah mengikuti upskilling sea survival sebelumnya. Sebagai pekerja operasi, khususnya Loading Master yang lingkup kerjanya di dermaga/laut, pelatihan ini sangat saya butuhkan sebagai dasar survival diri sendiri maupun menyelamatkan rekan kerja/pihak lain yang membutuhkan pertolongan di laut atau pada saat keadaan darurat," ujar Zakiudin yang merupakan pekerja dari Fuel Terminal Tanjung Gerem, Banten.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya