Cegah Corona, Arab Saudi Larang Warganya Umrah

Kabah di Mekah, Arab Saudi.
Sumber :
  • Istimewa

VIVAnews - Pemerintah Kerajaan Arab Saudi melarang warga mereka sendiri dan muqimin (yang menetap) di Saudi untuk umrah ke Mekah dan mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah sementara waktu. Langkah itu diambil dalam rangka mencegah penyebaran virus corona.

Pangeran MBS Bangun Resor Mewah NEOM di Atas 'Darah' Warga Saudi

Dikutip dari akun Twitter resmi Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, @KSAmofaEN, Rabu, 4 Maret 2020, disebutkan bahwa kebijakan itu diambil sebagai tindak lanjut dari kebijakan larangan sementara bagi negara-negara lain yang sudah lebih dahulu dikeluarkan. Mereka akan meninjau lagi keputusan tersebut jika situasi sudah kondusif.

"Keputusan harus dihentikan ketika tidak ada lagi alasan untuk penangguhan," tulis rilis resmi dari Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi.

Wapres Maruf soal Jemaah Umrah RI Ditangkap di Arab: KJRI Sudah Bantu Advokasi

Dikatakan bahwa keputusan tersebut juga sebagai langkah keamanan yang sudah mereka tempuh untuk membatasi penyebaran virus corona (covid-19) dan mencegah wabah menyebar di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Mengingat banyaknya manusia yang beraktivitas di dua masjid suci tersebut.

Keputusan itu juga disebut sejalan dengan langkah-langkah yang diambil oleh otoritas Saudi untuk mencegah penyebaran virus di negara tersebut, dan bertujuan memberikan perlindungan tertinggi untuk keselamatan warga mereka dan juga warga asing yang menetap di sana.

Arab Saudi Perdana Ikut Miss Universe 2024, Netizen: Kiamat Semakin Dekat
>
Wakil Arab Saudi di Miss Universe 2024, Rumy Al Qahtani

Ternyata Ini Alasan Rumy Al Qahtani Ikut Miss Universe 2024 Wakili Arab Saudi

Wakil Arab Saudi di ajang Miss Universe 2024, Rumy Al Qahtani mengungkap alasannya ikut dalam kontes kecantikan tersebut di tengah mencuatnya pro dan kontra.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024