Cegah Corona, KAI Bagikan Masker dan Semprot Antiseptik Keliling Jawa

Pelepasan Kereta Kesehatan atau Rail Clinic oleh PT KAI Daop IV Semarang (VIVAnews/Dwi Royanto)
Sumber :

VIVA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menjalankan Kereta Kesehatan atau Rail Clinic dan Kereta Inspeksi untuk melakukan penyemprotan cairan antiseptik di jalur lintas Utara dan Selatan Jawa, mulai Kamis 5 Maret hingga 9 Maret 2020 mendatang. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Ditemukan di Sejumlah Negara, Seberapa Bahaya Varian Baru Virus Corona Pirola?

"Kami melakukan upaya untuk mengantisipasi jika ada gejala Virus Corona saat berada di dalam kereta. Rail Clinic dan Kereta Inspeksi akan mengelilingi Pulau Jawa" ujar Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro saat ditemui di Stasiun Poncol Semarang, Kamis 5 Maret 2020.

Dijelaskan Edi, selain meluncurkan kereta Rail Clinic dan Kereta inspeksi, PT KAI juga melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Pelayanan tersebut berupa pemeriksaan kesehatan, pembagian masker, pamflet, dan penyuluhan kesehatan tentang virus corona, cuci tangan, pemakaian masker, dan etika batuk dan bersin.

Gawat, Ratusan Kucing di Pulau Siprus Meninggal Akibat Coronavirus

"Layanan kesehatan akan diberikan di Stasiun Semarang Poncol, Cirebon, Depok, dan Bogor," ujarnya.

Sementara, kereta Inspeksi Rail Clinic akan melayani Stasiun Bandung, Tasikmalaya, Banjar, Kroya, Yogyakarta, Solo, Madiun, Mojokerto, Surabaya Gubeng, Bojonegoro, Purwokerto, dan Pasar Senen.

Warganet Heboh, The Simpsons Salah Tulis Pulau Kalimantan Jadi Singapura

Untuk kebersihan sarana kereta, KAI melakukan pencucian interior dan eksterior kereta secara rutin setiap sebelum perjalanan dengan menggunakan bahan kimia untuk sterilisasi. "Di setiap stasiun juga disediakan cairan antiseptik atau hand sanitizer," tuturnya.

Saat ini, PT KAI telah menyediakan posko kesehatan di 89 stasiun di Jawa dan Sumatra. "Bagi penumpang yang merasa sakit untuk segera melapor," pungkas Edi. (ren)

Ilustrasi virus

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

The Malaysian Ministry of Health (MCH) detected 6,796 new cases of Covid-19 virus from November 26 to December 2, 2023 (ME 48/2023), an increase from the previous ME of 3

img_title
VIVA.co.id
12 Desember 2023