Mau Bisnis Moncer, Pakai Kata-kata Ini Buat Gaet Konsumen

Ilustrasi ide bisnis.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Bisnis selalu memiliki berbagai hal menarik untuk dibahas, terutama terkait dengan masalah penjualannya. Urusan penjualan selalu menjadi salah satu fokus utama yang harus dicermati dalam setiap bisnis.

Industri Laboratorium Makin Kinclong, Lab Indonesia 2024 Soroti Hal Ini

Meski berbagai hal lainnya tak kalah penting, namun penjualan memang akan sangat membutuhkan banyak perhatian lebih dari Anda. Ini berlaku untuk semua jenis bisnis, bahkan untuk bisnis Anda yang sudah berjalan dengan baik selama ini.

Bagaimanapun juga, Anda tentu akan selalu menghadapi beragam jenis konsumen dan pesaing yang cukup banyak, bukan? Saat Anda mengupayakan angka penjualan tinggi, maka berbagai tantangan sangat mungkin Anda hadapi dalam proses ini.

Sri Agustin, Nasabah Mekaar yang Dipuji Jokowi Berbagi Tips Eksis Jalani Usaha Sambel

Bukan hanya itu saja, sikap Anda kepada calon konsumen juga menjadi hal yang tak kalah pentingnya, termasuk ucapan Anda ketika melakukan pendekatan dengan mereka.
 
Hal ini mungkin terdengar sepele, namun pilihan kata yang tepat bisa saja membuat calon konsumen terpengaruh dan langsung melakukan pembelian produk Anda. 

Lalu, apakah Anda sudah siap untuk mempraktikkan ini di dalam bisnis yang Anda jalankan? Agar penjualan meningkat, jangan abaikan strategi berikut ini melalui kata-kata ajaib seperti dikutip dari Cermati.com, Rabu 11 Maret 2020:

Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia, Intip Perjalanan Bisnis Mustika Ratu

1. Gunakan kata “gratis”

Hampir semua orang menyukai hal-hal yang gratis. Sehingga wajar saja jika kata gratis ini akan selalu menarik perhatian banyak orang. Anda bisa menggunakan kata gratis untuk memasarkan produk Anda. Sebab calon konsumen akan langsung antusias untuk melihat dan membacanya.

Kata gratis ini akan efektif untuk Anda gunakan dalam berbagai bentuk pemasaran, mulai dari e-mail marketing hingga iklan online yang Anda pasang di berbagai media sosial. Gunakan kata gratis ini dalam menarik minat calon konsumen Anda dengan cara yang tepat.

Sebagai contoh: pengiriman gratis ke seluruh Indonesia, dapatkan hadiah gratis untuk setiap pembelian 1 produk, dan yang lainnya.

2. Pakai kata “dijamin”

Penggunaan kata “dijamin” juga bisa menjadi sesuatu yang sangat membuat orang lain merasa nyaman untuk melakukan pembelian produk. Kata ini terdengar seperti sebuah janji yang pasti ditepati, sehingga memberikan rasa percaya yang lebih besar kepada para calon konsumen.

Setiap pembeli pada umumnya takut mengalami kerugian, apalagi dalam transaksi pembelian secara online. Namun dengan penggunaan kata “dijamin”, Anda akan mengatasi rasa takut dan khawatir yang mereka rasakan.
 
Anda hadir dengan produk yang menjanjikan, di mana Anda memberikan ketegasan tentang kualitas produk tersebut dengan pemilihan kata “dijamin”. Meski tidak selalu dibutuhkan, namun penempatan kata ini memang membuat calon konsumen lebih mudah dalam mengambil keputusan untuk melakukan pembelian. 

Contoh: kualitas produk dijamin bermutu, pengiriman dijamin aman hingga tujuan, proses pengembalian/ penukaran dijamin cepat, dan yang lainnya. 

3. Pakai kata “Anda”

Penggunaan kata “Anda” di dalam bisnis akan membuat Anda lebih mudah menjangkau calon konsumen bisnis Anda. Kata ini bahkan jauh lebih berpengaruh, jika dibandingkan dengan kata sejenis lainnya, seperti: Bapak, Ibu, atau bahkan uang.

Pada dasarnya, semua calon konsumen ingin disapa secara langsung. Bahkan pada kata pertama yang akan Anda sampaikan dalam proses penjualan produk Anda.

Konsumen ingin fokus penjualan yang Anda lakukan adalah kepada mereka, di mana Anda bisa langsung menyapa mereka dengan tepat sasaran. Semua ini akan menjadi lebih mudah, ketika Anda menggunakan kata “Anda” dan juga padanan kata sejenis lainnya dalam proses penjualan. 

4. Gunakan kata “baru” 

Sesuatu yang baru selalu menjadi sesuatu yang menarik, sebab orang akan memikirkan banyak hal menarik ketika Anda menggunakan kata baru ini, seperti: sebuah penemuan luar biasa, solusi tepat untuk masalah mereka, sesuatu yang fresh dan tidak biasa, dan berbagai hal menarik lainnya.

Penggunaan kata baru memang bisa memberikan efek rasa ingin tahu yang besar bagi calon konsumen, sehingga akan sangat tepat jika Anda menempatkannya dalam proses penjualan yang Anda lakukan.
 
Contoh: ketika Anda memiliki butik online dan secara berkala melakukan peluncuran produk baru, maka konsumen akan menjadikan produk baru ini sebagai tujuan utama mereka saat berkunjung ke butik Anda tersebut. 

Penggunaan kata baru memang selalu menarik dan Anda wajib mencoba ini di dalam pemasaran Anda. Gunakan kata “baru” ini sebanyak mungkin, sehingga lebih mudah ditemukan oleh para calon konsumen produk Anda, terutama dalam pemasaran online yang Anda lakukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya