Cegah Corona, Pelabuhan Tanjung Priok Siapkan Ruang Isolasi

Petugas beraktivitas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

VIVA – Direktur Utama Pelindo II, Arif Suhartono, mengatakan, perseroan telah menyiapkan ruang isolasi untuk menghadapi penyebaran virus Corona masuk ke Tanah Air. Salah satunya ditempatkan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, yang aktivitas bongkar muat dan naik-turun penumpang terbilang padat.

Pelindo Bantu Warga yang Mau Mudik Lebaran Tapi Terkendala Biaya

"Untuk masing-masing terminal (ruang isolasi sementara), karena di Priok ada beberapa terminal itu juga dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas. Kalau standar adalah seperti hand sanitizer, detektor suhu. Masing-masing terminal juga ada ruang isolasi sementara," kata Arif di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat 13 Maret 2020.

Arif bilang, pelabuhan-pelabuhan yang dikelola Pelindo, juga sudah menyiapkan ambulans. Manakala ada kru kapal atau pegawai terindikasi dengan suhu tubuh tidak normal, langsung dibawa ke rumah sakit rujukan. Menurut dia, ruang isolasi, mampu menampung 5- 6 orang.

Pelindo Raup Laba Bersih Rp 4,01 Triliun di 2023

"Karena kita harapkan hanya tempat transit sementara sebelum ke RS rujukan (RSPI SS)," kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Arif juga menjelaskan, aktivitas kapal kargo mengalami penurunan jika mengacu pada tahun sebelumnya. Tercatat, penurunan sebesar 6,5 persen untuk kapal kargo internasional dan aktivitas domestik turun sekitar 1,5 persen.

Pelindo Prediksi Jumlah Pemudik via Pelabuhan Tembus 2 Juta Orang di Lebaran 2024

"Kita harapkan mulai bulan depan (sudah) recover," katanya.

MIND ID.

BUMN MIND ID dan Pelindo Dikabarkan Segera IPO

Pemerintah dikabarkan segera melepas saham MIND ID dan Pelindo ke publik (Initial Public Offering/IPO).

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024