Perangi Corona, Erick Thohir Cari Banyak Relawan Tenaga Medis

Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • Fajar GM/VIVAnews.

VIVA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara membuka rekrutmen kepada masyarakat untuk menjadi volunteer atau sukarelawan, sebagai tenaga medis dan non medis dalam memerangi wabah corona atau Covid-19.

Ganjaran Kementerian BUMN untuk Pelindo karena Bantu Promosikan UMKM

Menteri BUMN, Erick Thohir menjelaskan, program kerja sama antara Kementerian dan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) ini, bertujuan mengajak masyarakat untuk terlibat aktif dalam membantu pemerintah menangani penyebaran Covid-19.

"Saya mengajak putra-putri terbaik bangsa bersatu padu menjadi volunteer kemanusiaan menuju Indonesia sehat," kata Erick dalam keterangan tertulisnya, Jumat 20 Maret 2020.

Erick Beberkan Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi 

Erick menegaskan, seluruh elemen bangsa harus bersatu melawan Covid-19, karena hanya dengan gotong-royong lah Indonesia akan mampu mengatasi wabah ini supaya aktivitas masyarakat kembali berjalan normal.

"Kami mengimbau masyarakat dapat mendukung dan mengomunikasikan langkah mulia ini demi bangsa dan negara yang kita cintai," kata Erick.

Pelindo Bantu Warga yang Mau Mudik Lebaran Tapi Terkendala Biaya

"Mari bersatu melawan virus corona. Kobarkan semangat untuk Indonesia maju dan kuat," ujarnya.

Bagi masyarakat yang ingin bergabung dalam volunteer penanggulangan Covid-19 ini, mereka bisa mendaftarkan diri ke http://tiny.cc/Volunteer_COVID19. Pendaftaran volunteer dibuka mulai Kamis 19 Maret 2020 dan ditutup pada Jumat 20 Maret 2020 pukul 24.00 WIB.

Kementerian BUMN dan FHCI akan mengumumkan hasil seleksi volunteer dan tes Covid-19 bagi volunteer terpilih pada Sabtu 21 Maret 2020. Para volunteer terpilih akan mendapat pengarahan dan pelatihan pada Minggu 22 Maret 2020 dan mulai bekerja pada Senin 23 Maret 2020.

Adapun kriteria volunteer meliputi masyarakat yang berdomisili di Jabodetabek, berusia maksimal 40 tahun yang diutamakan belum berkeluarga, dinyatakan sehat dengan surat keterangan rumah sakit atau dokter, tidak merokok dan sejenisnya, siap untuk berkomitmen dan bertanggung jawab disertai surat izin dari keluarga (wali atau pasangan).

Kementerian BUMN menetapkan sejumlah protokol volunteer penanggulangan Covid-19 dengan pemberian pelatihan dan pembekalan keselamatan kerja Covid-19 dari Indonesia Healthcare Corporation (IHC), perlengkapan alat pelindung diri (APD), serta jaminan biaya kesehatan selama menjadi volunter. Bagi volunter yang telah terdaftar nantinya akan dihubungi lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya