Negara Anggota G20 Siapkan Dana Rp66 Triliun Temukan Vaksin Corona

VIVA – Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO bersama dengan The Global Alliance fo Vaccines (Gavi) dan seluruh negara, mempersiapkan dana senilai US$4 miliar atau setara Rp66 triliun (kurs Rp16.500) demi menemukan vaksin untuk virus corona (Covid-19).

Ogah Bawel soal Jatah Menteri PAN, Zulhas Pasrah ke Prabowo

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, berdasarkan pertemuan antar Menteri Keuangan negara-negara anggota G-20 disepakati bahwa nominal tersebut akan dimobilisasi oleh seluruh negara khususnya anggota G-20. Tujuannya, supaya vaksin cepat ditemukan.

"Pertemuan antar menteri keuangan kemarin sudah ada indikatif alokasikan US$4 billion bersama-sama dimobilisasi seluruh negara di dunia terutama di G20," kata dia usai mendampingi Presiden Joko Widodo pada agenda KTT G20 Virtual Meeting, dikutip Jumat 27 Maret 2020.

Jangan Kaget dengan Spesifikasi Mobil Gagah AHY Seharga Rp1,1 Miliar

Besaran dana itu, kata Sri, akan diarahkan untuk tujuan percepatan penelitian dan akselerasi supaya vaksin dari virus yang dikatakannya telah menyebar ke seluruh negara itu, bisa cepat ditemukan. Meski begitu, dikatakannya, untuk teknis pengumpulan dana dan penyalurannya masih dalam tahap pembahasan.

"Ini dalam rangka akselerasi reserarch dan menemukan antivirus atau vaksin pandemik Covid-19. Ini sedang dibahas bersama di level menteri keuangan anggota G20," tegasnya.

OJK Ingatkan Emak-emak Hati-hati Terjerat Rentenir: Bunganya Luar Biasa Mencekik Leher

Dia mengungkapkan, saat ini, fokus negara-negara anggota G20 dalam penanganan virus ini adalah untuk menyelamatkan nyawa umat manusia. Sebab, menurut Sri, persoalan virus ini bukan hanya menyebabkan masalah kesehatan semata, melainkan berpotensi menjadi tragedi kemanusiaan. 

"Akan jadi tragedi kemanusiaan, sehingga saat ini seluruh negara di dunia betul-betul mencoba untuk mengurangi risiko penyebaran dan pencegahan penyebaran tersebut, itu akan tentu berkonsekuensi terhadap banyak hal dan itu fokus utama," ungkap Sri.

Pertemuan Ketua Umum Partai Koalisi Indonesia Maju

Komposisi Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran Tunggu Penetapan Resmi KPU

Meski Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka telah resmi menjadi Presiden terpilih dan Wakil Presiden terpilih, pasca putusan MK, tapi pembahasan soal menteri belum

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024