PM India Minta Maaf ke Kaum Miskin karena Lockdown Corona Bikin Susah

VIVA – Perdana Menteri India, Narendra Modi, meminta maaf kepada rakyat karena menerapkan lockdown atau karantina wilayah untuk mencegah wabah virus corona covid-19. Permintaan maaf itu dia khususkan kepada kaum miskin, yang menerima pukulan terberat dari lockdown itu karena mereka sulit mendapatkan penghasilan harian.

Kuil Hindu Pertama di Timur Tengah Hampir Rampung Dibangun

“Saya minta maaf karena menerapkan langkah yang sangat berat ini, yang menyebabkan kesulitan bagi hidup Anda, terutama kaum miskin,” kata Modi dalam pidato bulanan di stasiun radio pemerintah, seperti yang dikutip stasiun berita Aljazeera.

Dia memahami bila sebagian rakyat India marah atas keputusan lockdown yang dia buat. “Namun langkah sulit ini diperlukan untuk memenangkan pertempuran [atas virus corona] ini,” lanjut PM Modi.

PM Kanada Justin Trudeau Akui Punya Bukti Keterlibatan India Atas Pembunuhan Aktivis Sikh

Pemerintah sejak 25 Maret lalu menerapkan lockdown di seluruh India sejak 25 Maret 2020 selama 3 pekan. Ini merupakan lockdown terbesar di dunia, karena melibatkan sekitar 1,3 miliar rakyat India.

Menurut stasiun berita BBC, selama lockdown, warga dilarang ke luar rumah. Semua tempat usaha yang non-esensial harus ditutup dan pertemuan yang melibatkan banyak orang dilarang. 

Kanada Usir Diplomat India Buntut Pembunuhan Aktivis Sikh

Kebijakan itu lah yang membuat eksodus rakyat India dari kota-kota besar, seperti Ibu Kota Delhi. Banyak buruh migran di sana terpaksa jalan kaki ke kampung halaman karena transportasi umum pun sudah tutup layanan. Bahkan Sabtu pekan lalu dilaporkan ada seorang warga yang meninggal setelah kelelahan jalan pulang ke kampung halaman dari Delhi, yang berjarak sekitar 270 km.

Pemerintah India pekan lalu telah mengumumkan bantuan senilai US$22 miliar bagi kaum miskin, termasuk makanan gratis dan bantuan langsung tunai. Namun, muncul kekhawatiran bantuan itu bakal tidak sampai ke pihak yang benar-benar membutuhkan.

PM India Narendra Modi berdoa di bawah laut

Dibantu Angkatan Laut, PM India Narendra Modi Lakukan Doa di Bawah Laut

Perdana Menteri India Narendra Modi berbicara tentang "pengalaman yang sangat ilahi" setelah melakukan scuba diving di lepas pantai Panchkui Gujarat pada akhir pekan ini.

img_title
VIVA.co.id
26 Februari 2024