Wabah Corona: 4.556 Desa Kini Punya Relawan Desa Tanggap Covid-19

VIVA – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan dan Informasi (Balilatfo) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Sri Haryanto mengatakan sudah ada 4.556 desa memiliki Relawan Desa Tanggap Covid-19. 

UNS Kerjasama dengan BRI Gelar Program Desa Inspiratif

"Dari data kami, dari 74.953 desa sudah hampir 4.556 desa sudah mempunyai relawan desa tanggap covid," kata Eko dalam konfrensi pers melalui akun YouTube BNPB, Minggu, 5 April 2020.

Menurut Eko, Relawan Desa Tanggap Covid-19 dipimpin oleh Kepala Desa sebagai ketua relawannya dan wakilnya adalah Badan Permusyawaratan Desa. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Mereka mempunyai tugas-tugas, mulai dari melaksanakan kegiatan gotong royong yang harus melibatkan semua pihak termasuk dari masyarakat desa sendiri.

"Tugas-tugas diantaranya adalah harus mulai mengerjakan sesuai prinsip tugas dengan relawan desa, prinsipnya adalah melaksanakan kegiatan aktivitas dengan gotong royong harus melibatkan semua pihak termasuk masyarakat desa sendiri," kata Eko.

Hadiri Pesta Adat Lom Plai, Pj Gubernur Kaltim: Seni Budaya Ini Harus Dilestarikan

Eko merincikan tugas dari Relawan Desa Tanggap Covid-19 mulai dari bekerjasama dengan rumah sakit rujukan atau puskesmas setempat. Kemudian menempatkan Orang Dalam Pengawasan (ODP) ke ruang isolasi yang telah disiapkan.

"Menyiapkan logistik bagi ODP selama berada di ruang isolasi," ujarnya.

Relawan Desa Tanggap Covid-19 juga mempunyai tugas melaporkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ke Puskesmas atau Gugus Tugas Covid-19 di Kabupaten.

"Serta menghubungi petugas medis Gugus Tugas, karena relawan desa harus taat kepada protokol dengan kebijakan yang ada di kabupaten. Itu menjadi kunci," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya