Produksi Ventilator, Menperin Sinergikan Akademisi dan Pelaku Industri

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita
Sumber :
  • Kemenperin

VIVA – Dalam upaya membantu penanganan wabah virus corona atau Covid-19 di Tanah Air, sejumlah perguruan tinggi saat ini tengah mengembangkan dan bahkan sudah ada yang mulai memproduksi alat ventilator.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Adapun, keempat perguruan tinggi tersebut antara lain yakni Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, dan Institut Teknologi Bandung.

Karenanya, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, mendorong agar para perguruan tinggi tersebut bisa menggandeng para pelaku industri, untuk bekerjasama memproduksi alkes yang sangat dibutuhkan di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

"Kolaborasi ini dilakukan untuk mempercepat proses produksi maupun membantu penyediaan bahan baku utama pembuatan ventilator," kata Agus dalam keterangan tertulisnya, Kamis 9 April 2020.
 
Salah satu perguruan tinggi yang telah berkolaborasi dengan dunia industri dalam memproduksi ventilator adalah Universitas Gadjah Mada. Kampus tersebut menggandeng PT Yogya Presisi Teknikatama Industri (YPTI), yang berperan sebagai project integrator, prototyping, dan hardware developer.

Sementara itu, PT YPTI juga telah bermitra dengan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), dan para pemasok komponen lainnya untuk memenuhi kebutuhan rantai pasok bahan baku pembuatan ventilator tersebut.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Saat ini, kolaborasi yang disebut ‘Tim Jogja’ tersebut juga sedang dalam tahap pengembangan prototype, yang diharapkan sudah akan siap pada minggu depan.

"Mereka kemudian akan melakukan pengujian dan evaluasi, di mana pengujian dan evaluasi itu pertama kali akan dilakukan dengan alat uji dan kalibrasi ventilator dukungan dari Kemenperin," ujarnya.

Ilustrasi Turbin Udara.

7 Alasan Ventilator Turbin Bisa Bikin Hunian Lebih Sehat Pemilik dan Dompetnya

Menciptakan hunian yang nyaman dan sehat adalah tujuan setiap pemilik hunian.

img_title
VIVA.co.id
31 Januari 2024