Kekhawatiran Investor pada Corona Mereda, Gubernur BI: Ini Buktinya

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA – Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengungkapkan, kekhawatiran pelaku pasar keuangan maupun investor terhadap perkembangan wabah virus corona (Covid-19) telah berangsur mereda, meskipun belum mengalami pemulihan.

Bank Indonesia Naikkan BI Rate Jadi 6,25 Persen Demi Stabilkan Rupiah

Itu dibuktikannya dari VIX atau indeks volatilitas Chicago Board Options Exchange (CBOE) yang mulai berangsur-angsur menurun. Sebelum kepanikan Covid-19 muncul pada Maret 2020, angka indeksnya hanya mencapai 18,8.

"Pada saat terjadi kepanikan di pasar keuangan global, di minggu ke-3 Maret tertinggi 82. Nah, kemudian dengan langkah kebijakan, baik pelonggaran The Fed, stimulus AS dan berbagai negara, VIX berangsur-angsur menurun," kata dia saat telekonferensi, Kamis, 9 April 2020.

Hasil Uji Ketahanan OJK: Perbankan Masih Bisa Mitigasi Pelemahan Rupiah

Perry menilai, saat ini, pelaku pasar keuangan dan para investor juga melihat bahwa tingkat kenaikan kasus positif Covid-19 di berbagai negara, termasuk di Italia, Amerika Serikat maupun Indonesia, berangsur-angsur mengalami penurunan.

"Termasuk di Indonesia bahwa penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang sudah ditetapkan Presiden Joko Widodo, diperkirakan akan juga membantu mengarahkan kepada penanganan atau penyebaran Covid-19," tutur Perry.

Rupiah Amblas ke Rp 16.270 per Dolar AS Pagi Ini

Bukti lainnya, lanjut dia, saat ini pergerakan mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat juga mulai stabil dan bahkan cenderung menguat ke posisi Rp15.900 per dolar AS sesuai mekanisme pasar, baik dari sisi permintaan maupun pasokannya.

"Itu mengurangi kebutuhan BI untuk intervensi. Memang sekarang masih kadang-kadang intervensi, jumlahnya relatif kecil, pergerakan lebih supply dan demand di pasar. Dalam konteks ini tentu saja kami ucapkan terima kasih kepada para pelaku pasar dan eksportir," tuturnya.

Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin

Wapres Ma'ruf Serukan Umat Islam Bangkitkan Ekonomi Syariah

Ekonomi dan keuangan syariah menjadi salah satu penyokong kestabilan perekonomian masyarakat Indonesia. Aktivitas seperti pemanfaatan dana sosial syariah untuk mendukung.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024