Logo BBC

Para Perempuan Pengawas Adegan Seks dalam Produksi Film Hollywood

Beberapa waktu lalu, asosiasi aktor Amerika Serikat, SAG-AFTRA, mengeluarkan dokumen yang mengatur adegan seks melalui profesi `pengawas keintiman`. Ini adalah bagian langkah menghentikan pencabulan di industri hiburan.

Presiden SAG-AFTRA Gabrielle Casteris menyatakan banyak aktor – terutama perempuan – yang mengutarakan kepedulian soal ini.

Dari sini muncullah profesi yang dilakoni perempuan seperti Alicia Rodis dan Chelsea Pace yang mengawasi batas-batas keintiman saat syuting adegan seks.

Mereka bertugas memastikan sutradara dan para pemain menghormati batas-batas keintiman yang diterapkan oleh para pemain film dan teater ketika mereka berakting.

Chelsea Pace misalnya menjadi koreografer untuk adegan intim yang dilakukan oleh sepasang pemain.

"Kita tak memakai kata meraba," katanya. "Kita memakai kata `kontak otot` dengan bagian depan tubuh mitra akting," katanya.

Penggunaan kata-kata nonseksual untuk pengarahan panggung sangat penting dalam profesi ini.

Pekerjaan ini tidak ada beberapa tahun lalu, tapi kini menjadi salah satu dari profesi paling tumbuh pesat dalam industri hiburan.

Alicia Rodis sedang mengarahkan adegan seks.
Dahlia Katz
Alicia Rodis adalah penyelia keintiman di HBO, jaringan TV Amerika yang sudah mengerahkan spesialis untuk adegan-adegan telanjang dan intim.

Sebagai fasilitator terlatih, mereka membantu penampil dan produksi untuk menavigasi adegan-adegan sensitif yang melibatkan kontak fisik seperti pelukan, ciuman, hingga adegan telanjang dan rangsangan seksual.

Profesi ini lahir dalam situasi besarnya gerakan #MeToo dan Time`s Up yang dipicu oleh tuduhan terhadap produser film Harvey Weinstein, 67 tahun, yang kemudian dinyatakan bersalah untuk pencabulan dalam pengadilan di New York.