Jual Beras saat PSBB, Kementan Gandeng e-Commerce

Stok Beras/ilustrasi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

VIVA – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Dirjen Tanaman Pangan melakukan sejumlah usaha untuk dapat mendistribusikan pangan di tengah penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB di sejumlah daerah. Salah satunya yakni menggandeng perusahaan perdagangan elektronik atau e-commerce.

Anak Buah SYL Video Call Bahas 'Orang KPK' dan 'Ketua': Siapin Dolar Nanti Kami Atur

Dirjen Tanaman Pangan, Suwandi, menjelaskan, kementan saat ini bekerjasama dengan PT Global Digital Niaga atau BliBli.com sebagai upaya pemerintah dalam mempercepat distribusi beras melalui aplikasi. Hal ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan masyarakat dalam mengikuti kebijakan pemerintah pusat untuk tetap berada di rumah masing-masing.

"Dengan berbagai kerja sama yang kami lakukan, masyarakat tidak perlu lagi keluar rumah. Apalagi, dalam kondisi seperti ini, kita semakin dituntut untuk tetap waspada dan mawas diri. Alhamdulillah kami sudah melakukan MoU untuk pasar beras medium yang harganya sangat terjangkau bagi masyarakat," kata Suwandi, Selasa 14 April 2020.

Harga Eceran Tertinggi Beras Medium Dinaikkan Meski Panen Raya, Ini Rinciannya Per Wilayah

Suwandi mengatakan, pangan merupakan kebutuhan pokok yang tidak boleh disepelekan. Makanya, pemerintah terus mendorong semua pihak untuk terlibat dalam menyediakan ketersediaan pangan.

"Adapun beras yang kita ambil ini merupakan beras langsung dari kostraling yang mampu memotong rantai pasok. Dengan menggandeng kostraling, penggilingan padi untuk membeli gabah petani dan kemudian memasok beras untuk dijual bisa melalui jasa online," ujarnya.

Eks Sespri Sekjen Ungkap BAP KPK Bocor ke Pejabat Kementan

Sementara itu, VP Public Relations Blibli.com, Yolanda Nainggolan, mengaku bangga bisa bekerja sama dengan Kementan dalam mendistribusikan bahan pangan ke masyarakat. Nantinya beras-beras dari Kostraling akan masuk ke ware house milik BliBli yang tersebar di seluruh Indonesia, sehingga ketersediaan beras mudah diakses oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

"Kita akan memberikan pengumuman di aplikasi BliBli bagaimana cara mendapatkannya dan ongkos kirimnya seperti apa. Yang jelas kami sangat mendukung Kementan untuk melancarkan pendistribusian bahan pangan di tengah pandemi covid-19. Saya berharap kerja sama ini terus berlanjut," ujarnya.

Ilustrasi harga pangan.

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

Harga komoditas pangan beberapa masih mengalami kenaikan. Hal itu terjadi pada bawang merah, cabai merah keriting, daging sapi, dan gula konsumsi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024