FTA ASEAN-China

Hatta: Belum Ada Lonjakan Impor China

VIVAnews - Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengakui, berdasarkan pantauan tim perekonomian RI sampai minggu ini belum memperlihatkan adanya lonjakan impor barang dari China. Sayangnya, pernyataan Hatta tidak diiringi data yang valid.

Hal tersebut dikatakan Hatta, menanggapi sebulan pelaksanaan FTA (perdagangan bebas Asean-China). "Apa yang dilihat, dengan adanya FTA, produk China tidak terjadi lonjakan," kata dia di Kantor Menko Perekonomian, Jumat, 5 Februari 2010.

Menurut Hatta, kalau sekarang produk China dapat ditemui dengan mudah dipasaran, hal tersebut terjadi sudah sejak dulu, bukan hanya karena ada FTA.

"Itu yang perlu kita tahu, saya mau katakan apa yang perlu kita perkuat. Nah, apa itu (adanya barang China), karena ada penyelundupan? Ada, karena praktek bisnis tidak sehat atau akibat faktor apa," ujar dia.

Dibawah tim pengawasan pelaksanaan FTA, Hatta mengatakan akan mengkaji gejala apa yang terjadi. "Jadi, ada tim antidumping yang mengawasi," ujar dia.

antique.putra@vivanews.com

Kemungkinan yang Bakal Terjadi Kalau Indonesia tak Dijajah
Donald Trump dan Karen

Kasus Uang Tutup Mulut Donald Trump Seret Nama Karen McDougal, Siapa Dia?

Proses persidangan kasus uang tutup mulut Donald Trump memasuki minggu ini, dua pengacara bersiap untuk menginterogasi para saksi. Salah satunya, ada nama Karen McDougal.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024