Pembukaan Ekonomi AS Jadi Sentimen Positif IHSG Senin 20 April 2020

Papan pergerakan IHSG (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVAnews/M Ali Wafa

VIVA – Indeks harga saham gabungan atau IHSG menghijau di level 4.651 pada pembukaan perdagangan Senin 20 April 2020. Posisi itu menguat 17 poin atau 0,37 persen, dibanding penutupan perdagangan Jumat 17 April 2020 di level 4.634.

IHSG Menghijau Ditopang Surplus Neraca Perdagangan dan Rupiah

Analis Reliance Sekuritas Indonesia, Lanjar Nafi menjelaskan, investor global menilai rencana Presiden Donald Trump untuk membuka kembali perekonomian Amerika Serikat, menjadi pendorong positif bagi IHSG.

Hal itulah yang menurutnya membuat para investor dalam aset berisiko mengakhiri pekan lalu dengan catatan optimis, setelah Gedung Putih menetapkan pedoman untuk membuka kembali perekonomian.

Dibuka Menguat, IHSG Hari Ini Diprediksi Dapat Sentimen Positif dari Neraca Perdagangan

Meskipun, tekanan tetap ada pada Presiden Donald Trump, dengan jumlah total orang Amerika yang mencari tunjangan pengangguran naik menjadi 22 juta dalam sebulan.

"Sehingga kami perkirakan IHSG akan berpeluang menguat, menguji upper bollinger band dengan support resistance 4.590-4.800," kata Lanjar dalam keterangan tertulisnya Senin 20 April 2020.

Dibuka Melemah, IHSG Berpotensi Balik Menguat Ditopang Musim Tebar Dividen hingga Keyakinan Konsumen

Secara teknikal, analis Binaartha Sekuritas, M. Nafan Aji menjelaskan, berdasarkan rasio fibonacci, support pertama maupun kedua memiliki range pada level 4.569,16 hingga 4.443,63.

"Sementara itu, resistance pertama maupun kedua memiliki range pada 4.747,88 hingga 4.975,54," kata Nafan.

Berdasarkan indikator, MACD telah membentuk pola golden cross di area negatif. Sementara itu, Stochastic dan RSI berada di area netral.

"Di sisi lain, terlihat pola upward bar yang mengindikasikan adanya penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG, sehingga berpeluang menuju ke area resistance terdekat," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya