BI: Rp2,8 Triliun Aliran Modal Asing Keluar dari Pasar Saham RI

VIVA – Bank Indonesia (BI) mencatat, aliran modal asing masih masuk ke pasar portofolio Indonesia pada saat ini. Dari 13-22 April 2020, aliran modal asing secara netto tercatat sebesar Rp1,57 triliun.

BI Catat Uang Beredar Maret 2024 Rp 8.888 Triliun, Naik 7,2 Persen

Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan, aliran modal asing pada periode itu masuk ke pasar Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp4,37 triliun. Namun, aliran modal asing keluar dari pasar saham senilai Rp2,8 triliun.

"Kalau saham dalam periode itu masih terjadi outflow Rp2,8 triliun sehingga secara netto inflows asing ke portfolio adalah Rp1,57 triliun," kata dia saat telekonferensi, Rabu, 22 April 2020.

Suku Bunga BI Naik, Apindo Ungkap 3 Tantangan Ini Hantui Pengusaha

Meski begitu, dia menegaskan, terjadinya aliran modal asing tersebut secara keseluruhan menandakan bahwa kepercayaan pelaku pasar keuangan dan investor terhadap Indonesia berangsur-angsur masih menguat.

"Memang secara bertahap confident terhadap Indonesia, khususnya dalam investasi portfolio fix income yakni SBN terus berangsur-angsur mengalami kenaikan," tuturnya.

BI Bolsters Rupiah Stability with Interest Rate Hike to 6.25 Percent

Dia menilai, masih adanya daya tarik pasar portofolio Indonesia karena spread dari imbal hasil atau yield antara pemerintah dengan US Treasury Bond yang sama-sama 10 tahun masih besar, mencapai 7,1 persen.

"Itu cukup menarik, demikian juga kalau diukur dengan yield secara riil yakni yield dikurangi inflasi menjadi 4,6 persen. Perbedaan suku bunga juga menarik, lebih tinggi dari Meksiko, India maupun negara lain sehingga imbal hasilnya menarik," tuturnya.

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, di acara Halalbihalal 2024 yang digelar di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis, 25 April 2024.

Mendag Imbau Masyarakat Tak Perlu Khawatir soal Pelemahan Rupiah

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengimbau masyarakat untuk tidak khawatir akan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024