7 Trik Mengelola Kecemasan dan Stres Saat Bekerja di Wabah Corona 

Ilustrasi cemas.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pandemi virus corona menyebabkan mayoritas orang-orang di Amerika Serikat dan dunia alami kecemasan. Selain itu, sebanyak 68 persen orang-orang di AS merasakan stres dalam pekerjaan dibandingkan kondisi biasanya. 

Puluhan ASN di Tangerang Terapkan WFH Usai Terjebak Macet Arus Balik Lebaran

Dilansir dari Business Insider, pada Rabu 29 April 2020, di tengah pandemi covid-19 atau virus corona ini, semua orang di seluruh dunia memang merasakan cemas atau stres terhadap pekerjaannya saat ini.

Bahkan, berdasarkan polling yang dilakukan March Economist/YouGov terdapat sebanyak 64 persen orang di AS merasa sangat atau agak khawatir secara pribadi terhadap mewabahnya virus corona atau covid-19 ini.

ASN Boleh WFH 16-17 April untuk Tunda Arus Balik, Menko PMK: Kamis-Jumat Jangan Bolos!

Untuk itu, dalam mengelola kecemasan atau stres di tengah wabah ini perlu sebuah perubahan rutinitas, beradaptasi dengan bekerja di rumah, interaksi sosial yang terbatas dan merasa kehilangan sedikit pekerjaan. 

Dan saat ini, sebenarnya tekanan stres sudah cukup tinggi dan bila ditambah dampak dari pandemi ini maka itu semakin komplek. Dan sekitar 68 persen orang di AS melaporkan mengalami tingkat stres sedang hingga tinggi pada pekerjaan.

Ini Instansi yang Bisa Terapkan WFH 50% pada 16-17 April, Pelayanan Publik Wajib WFO 100%

Jadi, apa yang dapat dilakukan seseorang dengan kecemasan untuk membuat diri mereka lebih nyaman saat bekerja dari rumah selama masa sulit ini?

1. Tidak mengubah cara hidup Anda

Dalam masa sulit ini setiap orang harus sadar akan kondisinya. Meskipun sulit, dalam isolasi para ahli mengatakan perlu melakukan sejumlah kegiatan seperti membuat jurnal, yoga dan meditasi.

2. Jangan melawan kecemasan Anda

Menakan perasaan cemas saat ini akan sangat kontra produktif. Jadi biarkan dia masuk dalam ruang Anda sembari menerimanya secara perlahan. Karena jika melawan tentu akan sia-sia dan perasaan jadi kewalahan.

3. Berhati-hatilah

Periksalah kecemasan itu ketika hal itu ingin Anda ketahui, dan jangan sekali-kali melawannya.

4. Ajak kecemasan berjalan bersama

Hadapi kecemasan Anda secara langsung. Jika Anda gugup berbicara di depan umum, ikuti kelas daring untuk meningkatkan keterampilan Anda. Jika Anda takut berbicara dengan rekan kerja, cobalah memulai percakapan melalui obrolan video.

5. Lakukan perawatan diri

Jangan lupa jaga diri. Hadiri perasaan cemas itu dengan praktik gaya hidup sehat, seperti mengasup nutrisi yang baik, tidur, dan olahraga.

6. Berpikir positif

Jaga pikiran Anda, sebab pikiran suka menganalisis, menilai dan memberi nasihat. Terkadang pikiran sangat membantu kita, sehingga jaga dengan baik pikiran kita untuk tetap berpikir objektif.

7. Istirahatlah

Atasi kecemasan bisa dilakukan dengan beristirahat. Cara itu bisa dilakukan dengan berjemur di sinar matahari, dan berjalan-jalan di taman belakang. Lakukan cara tersebut untuk menghindari dari risiko terpapar virus corona.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya