Pelemahan IHSG Diiringi Anjloknya Saham-saham Blue Chip

Pergerakan IHSG (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVAnews/M Ali Wafa

VIVA – Indeks harga saham gabungan atau IHSG memerah di level 4.538 pada pembukaan perdagangan Rabu 13 Mei 2020. Posisi itu melemah 49 poin atau 1,09 persen, dibanding penutupan perdagangan Selasa 12 Mei 2020 di level 4.588.

IHSG Dibayangi Koreksi Wajar, Intip Rekomendasi Saham Jelang Akhir Pekan

Analis Panin Sekuritas, William Hartanto memprediksi, IHSG akan bergerak melemah pada perdagangan hari ini. Hal ini akan melanjutkan kinerja sehari sebelumnya, di mana indeks ditutup turun 1,09 persen di level 4.588,73.

"IHSG hari ini berpotensi bergerak variatif dengan kecenderungan pelemahan. Berdasarkan analisis, pergerakan IHSG berada di rentang level 4.500-4.660," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Rabu 13 Mei 2020.

IHSG Hari Ini Diprediksi Kembali Menguat Ditopang Fundamental Ekonomi RI

William menjelaskan, penurunan IHSG yang terjadi sejak kemarin, dampaknya membuat beberapa saham blue chip atau saham yang dimiliki perusahaan berkualitas tinggi, mendekati harga terendahnya sejak Maret 2020.

"Secara teknikal, indikasi penurunan lanjutan semakin terlihat," ujarnya.

IHSG Dibuka Menguat tapi Minim Sentimen, Cermati Rekomendasi Saham Hari Ini

Secara teknikal, analis Binaartha Sekuritas, M. Nafan Aji menjelaskan, berdasarkan rasio fibonacci, support pertama maupun kedua memiliki range pada level 4.443,63 hingga 4.318,10.

"Sementara itu, resistance pertama maupun kedua memiliki range pada 4.747,88 hingga 4.975,54," kata Nafan.

Berdasarkan indikator, MACD masih dalam status pola golden cross di area negatif. Sementara itu, Stochastic dan RSI berada di area netral.

"Terlihat pola downward bar yang mengindikasikan adanya koreksi lanjutan pada pergerakan IHSG, sehingga berpeluang menuju ke support terdekat," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya