Antrean di Terminal II Bandara Soetta, Ada 13 Penerbangan Dalam 2 Jam

VIVA – PT Angkasa Pura II (Persero) mengkonfirmasi bahwa pada Kamis 14 Mei 2020, memang sempat terjadi antrean calon penumpang pesawat di posko pemeriksaan dokumen perjalanan, yang terletak di Terminal II Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Lion Air Buka Suara soal 2 Pegawainya Ditangkap Kasus Penyelundupan Narkoba

Namun, Senior Manager Branch Communications & Legal Bandara Soekarno-Hatta, Febri Toga menjelaskan, antrean itu terjadi pada pukul 04.00 WIB, dan sekitar pukul 05.00 WIB antrean tersebut sudah tidak terjadi lagi hingga saat ini.

"Personel PT Angkasa Pura II telah berupaya penuh mengatur antrean, namun calon penumpang pesawat yang datang cukup banyak di Terminal II Gate IV," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Kamis 14 Mei 2020.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Febri memaparkan, antrean di posko verifikasi dokumen terjadi mulai pukul 04.00 WIB, di mana calon penumpang memiliki tiket pesawat untuk penerbangan antara pukul 06.00 WIB sampai 08.00 WIB. Di antara waktu tersebut, terdapat 13 penerbangan dengan keberangkatan hampir bersamaan, yaitu 11 penerbangan Lion Air Group dan 2 penerbangan Citilink.

Terlebih, pada masa pengecualian dalam pembatasan penerbangan ini, calon penumpang harus melakukan verifikasi kelengkapan dokumen sebagai syarat untuk bisa memproses check-in. Verifikasi dokumen dilakukan oleh personel gabungan dari sejumlah instansi, yang masuk dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang ada di posko pemeriksaan.

2 Pegawai Lion Air Ditangkap Terlibat Penyelundupan Narkoba, Begini Modusnya

Adapun dokumen yang diverifikasi sebagai syarat agar calon penumpang dapat memproses check in antara lain tiket penerbangan, surat keterangan dinas, surat bebas Covid-19, dan dokumen lainnya sesuai yang tercantum dalam Surat Edaran No. 4/2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 yang diterbitkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Meski demikian, lanjut Febri, saat ini sudah tidak ada antrean lagi di Terminal II Bandara Soekarno-Hatta. Pihaknya akan selalu berupaya untuk menjaga physical distancing di setiap area, dan akan dievaluasi berkala melihat situasi dan kondisi terkini yang cukup dinamis.

Febri mengatakan, ke depan pihaknya juga akan segera melakukan penataan jadwal keberangkatan penerbangan. 

"Seluruh stakeholder akan melakukan evaluasi untuk menata jadwal penerbangan, supaya tidak ada yang berdekatan," ujarnya.

Diketahui, seluruh bandara PT Angkasa Pura II selalu beroperasi dengan merujuk kepada Peraturan Menteri Perhubungan No. 18/2020, tentang Pengendalian Transportasi dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya