Logo BBC

Kesaksian Wartawan Peliput Demo George Floyd yang Ditembak Polisi AS

Wartawan di berbagai penjuru Amerika Serikat melaporkan dugaan bahwa mereka sengaja disasar oleh polisi di tengah unjuk rasa.-AFP
Wartawan di berbagai penjuru Amerika Serikat melaporkan dugaan bahwa mereka sengaja disasar oleh polisi di tengah unjuk rasa.-AFP
Sumber :
  • bbc

Ada seorang wartawan yang mengalami kebutaan permanen akibat tembakan peluru karet polisi, dan lebih dari 100 insiden lainnya, termasuk dugaan serangan yang disengaja, tengah diselidiki oleh asosiasi pers. .

Puluhan wartawan yang meliput unjuk rasa antirasisme melaporkan dugaan bahwa mereka menjadi target petugas keamanan yang menggunakan gas air mata, peluru karet dan semprotan merica.

Di beberapa kasus, wartawan tersebut mengaku tetap menjadi sasaran meski jelas mengenakan identitas pers.

Serangan seperti itu dianggap "upaya mengintimidasi [reporter] yang tidak dapat diterima," kata Komite untuk Perlindungan Jurnalis atau Committee to Protect Journalists, sebuah kelompok berbasis di New York.

Serangan terhadap jurnalis yang dilakukan oleh pengunjuk rasa juga termasuk kasus yang dilaporkan.

Penangkapan kru CNN yang melakukan siaran langsung pada Jumat di Minneapolis, di mana pria kulit hitam George Floyd meninggal di tangan polisi, membuka mata publik dunia mengenai perlakuan otoritas keamanan terhadap jurnalis yang meliput peristiwa terkait kematian Floyd, termasuk unjuk rasa yang berakhir ricuh.

Tetapi, pada akhir pekan lalu, puluhan kasus penyerangan wartawan di berbagai pelosok negeri ramai diperbincangkan di media sosial.