Erick Thohir Copot Jubir Jokowi dari Kursi Komisaris Utama Adhi Karya

Juru bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman.
Sumber :
  • Fikri Halim

VIVA – Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan atau RUPST pada Kamis 4 Juni 2020 kemarin, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi menetapkan perombakan pada jajaran komisaris dan direksi PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

Erick Thohir Rombak Komisaris PLN, Nawal Nely Gantikan Tedi Bharata

Berdasarkan keterangan resmi yang dikutip Jumat 5 Juni 2020, Menteri BUMN Erick Thohir merombak enam orang pengurus perusahaan, yakni empat komisaris dan dua direksi yang dicopot dan diganti.

Termasuk di antaranya adalah Komisaris Utama, M. Fadjroel Rachman, yang juga merupakan Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi/Juru Bicara Presiden Joko Widodo. Selain itu, ada juga Budi Harto yang dicopot dari jabatannya sebagai Direktur Utama.

Direksi dan Komisaris Bank Mandiri Dirombak, Ini Susunan Terbarunya

Jabatan Komisaris Utama itu akhirnya diduduki oleh Dodi Usoho Hargo, yang merupakan seorang perwira tinggi TNI berpangkat Mayor Jenderal. Sejak 20 Desember 2018 Dodi diketahui telah menjabat sebagai Staf Khusus Kasad, di mana sebelumnya dia juga pernah menjabat sebagai Wakil Komandan Jenderal Akademi TNI dan Komandan Seskoad.

Sementara Cahyo R. Muzhar, Yustinus Prastowo, dan Widiarto, akhirnya diangkat sebagai komisaris Adhi Karya yang baru, guna menggantikan posisi yang ditinggalkan Bobby A. A. Nazief, Wicipto Setiadi, dan Rildo Ananda Anwar sebagai komisaris sebelumnya.

RUPS BNI Rombak Direksi hingga Komisaris, Putrama Wahju Setiawan Jadi Wadirut

Kemudian di jajaran direksi, posisi Direktur Utama yang ditinggalkan Budi Harto kini diisi oleh Entus Asnawi Mukhson, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Keuangan. Ada juga Suko Widigdo yang menjabat sebagai Direktur Operasi 1 menggantikan Budi Saddewa Sudiro, serta A.A.G. Agung Darmawan yang mengisi jabatan sebagai Direktur Keuangan peninggalan Entus Asnawi.

Berikut adalah jajaran Komisaris dan Direksi Adhi Karya terbaru, berdasarkan hasil keputusan RUPST:

Komisaris

Komisaris Utama: Dodi Usoho Hargo
Komisaris: Bobby A.A. Nazief
Komisaris: Wicipto Setiadi
Komisaris: Rildo Ananda Anwar
Komisaris Independen: Hironimus Hilapok
Komisaris Independen: Abdul Muni

Direksi

Direktur Utama: Entus Asnawi Mukhson
Direktur Operasi 1: Suko Widigdo
Direktur Operasi 2: Pundjung Setia Brata
Direktur Keuangan: A.A.G. Agung Darmawan
Direktur SDM: Agus Karianto
Direktur Quality, Health, Safety, and Environment, dan Pengembangan: Parthi Sarathi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya