Mengenal Copsffee, Kopi Produksi Kepolisian RI dan Pertama di Dunia

Petugas Polisi dari Polres Bogor saat mengupas kulit kopi.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhammad AR

VIVA – Umumnya Instansi Kepolisian di setiap negara berperan sebagai keamanan penegak hukum di masyarakat. Namun sebuah langkah besar dilakukan Kepolisian Republik Indonesia, khususnya Kepolisian Resor (Polres) Bogor. 

Mejeng di Pameran Kopi Terbesar di Amerika, Produk Lampung dan Bajawa Bidik Pasar Gobal

Untuk meningkatkan perekonomian petani di desa terpencil akibat covid-19, korps coklat ini mengembangkan produk Koperasi, yakni Copsffee (Cops Coffee), alias Kopi Polisi, yang menjadi produk kopi polisi pertama di dunia. 

"Hari ini kami memberikan mesin huller pengupas kulit kopi, dari situ juga kami kerja sama dengan petani sekitar untuk mengolah kopi tersebut. Kami bekerjasama dengan Kemenady, komunitas kopi Bogor dan kopi Indonesia, terkait roastingnya, pengemasannya, akhirnya nanti memproduksi," kata Kapolres AKBP Roland Ronaldy diwawancarai VIVAnews saat memamerkan Copsffee di Kampung Mulyasari, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Sabtu 6 Juni 2020.

Kopi Unggulan Indonesia Juara Dunia di  Specialty Coffee Expo 2024 Amerika Serikat

Adapun untuk Merk kopi itu sendiri kata Roland adalah Copsffee. Nama Copsffee tersebut diambil dari kata cops polisi, kopinya polisi.

Roland menjelaskan, Copsffee ini merupakan hasil olahan yang dipanen petani kopi khususnya, Kampung Mulyasari. Nantinya, produk ini akan diproduksi massal yang dipasarkan lewat kerja sama dengan Primer Koperasi Polisi (Primkoppol).

Heboh Kopi Tanpa Kafein, Disebut Mengandung Bahan Pemicu Kanker

"Kami berkerjasama dengan Primkoppol untuk pemasaran, ke depan produk ini juga akan dikerjasamakan dengan minimarkert, dan supermarket," kata Roland.

Roland menyebut, tercetusnya ide untuk memproduksi kopi sendiri tak lepas dari gemarnya masyarakat Indonesia meminum kopi, termasuk institusi polisi sendiri. 

Di balik itu, kata dia, Polres Bogor juga melihat kondisi ekonomi petani kopi menurun akibat pandemi covid-19. Padahal Bogor sendiri salah satu wilayah produksi kopi terbesar di Indonesia baik dari jenis robusta maupun arabika.  

"Produksi ini kami bantu dari hulu ke hilir, masyarakat petani kopi. Kita harapkan bisa terbantu untuk meningkatkan perekonomian dan kita mendorong ladang produksi menjadi lebih besar untuk produksi kopinya," kata Roland.

Di sisi lain, lanjut Roland, petani kopi Bogor masih belum memiliki koperasi. Penjualan kopi masih dilakukan secara manual, dengan cara ijon atau membeli sebelum panen kepada tengkulak. Karena terdesak kebutuhan, kopi pun akhirnya dijual dengan harga murah sehingga sangat merugikan petani. 

Namun demikian, kata Roland, dengan membeli harga kopi dengan lebih mahal dibandingkan dijual ke tengkulak. Produk Copsffee ini dapat menyejahterakan petani dengan mendorong peningkatan ekonomi di masa pandemi corona. Peluang itu juga disambut pengusaha kedai kopi yang sudah mulai buka meski harus dengan protokol covid-19. 

Ronald menilai, mengenai kopi Bogor sendiri memiliki citarasa yang mendunia. Terbukti sudah mengikuti berbagai kompetisi tingkat nasional maupun internasional. Produksi kopi Bogor pun memiliki jumlah yang cukup tinggi. 

Namun, peluang itu tidak sebanding dengan kopi Mulyasari akibat kondisi akses jalan di Kampung Mulyasari yang masih terisolir. Untuk ke sini, hanya kendaraan motor trail satu-satunya yang mumpuni menerabas jalan. 

"Sehingga sayang jika kualitas baik ini tidak didorong untuk dipasarkan sehingga ekonomi masyarakat meningkat lebih baik. Kami bersama Kemenady persiapkan pendistribusian produk itu dari mulai greenbean, roast bean, juga sachet kemasan untuk yang bisa diseduh dengan gula. Ada juga kemasan besar, ke depan kita juga rencananya akan membuat kopi susu dengan merk Copsffee tersebut," ucap Roland.

Sementara di lokasi, ketua Kemenady, Muhammad Eka Pramudita menjelaskan, peran Kemenady sendiri menjadi penyuluh pertanian, pengolahan kopi hingga pelatihan barista. Selain itu juga, Copsffee ini akan dipasarkan di kedai kopi di Bogor dan Jabodetabek. 

"Kami membantu dari segi prosesnya Copsffee ini agar prosesnya lebih maksimal, kami juga akan bantu dari segi produknya yang bisa langsung dipasarkan. Nanti kita akan mulai pelatihan para petaninya, barista dan lainnya," kata lulusan teknik pangan Institut Pertanian Bogor itu. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya