Logo BBC

Mitos Rasisme: Benarkah Gen Orang Kulit Hitam dan Putih Berbeda?

Rasisme dapat dibantah dengan fakta dan sains.-Getty Images
Rasisme dapat dibantah dengan fakta dan sains.-Getty Images
Sumber :
  • bbc

Banyak stereotip dan mitos tentang ras di sekeliling kita, namun tidak semuanya benar. Sering kali, ini bahkan tidak diungkapkan secara terang-terangan oleh orang-orang yang rasis.

Bagi banyak orang yang berniat baik, pengalaman dan sejarah budaya telah mengarahkan mereka ke pandangan yang tidak didukung oleh genetika manusia.

Misalnya: asumsi bahwa siswa Asia Timur secara inheren lebih baik dalam matematika, orang kulit hitam memiliki ritme alami, atau orang Yahudi pandai mengatur uang.

Banyak dari kita mengenal seseorang yang berpikir seperti itu.

Dr Adam Rutherford, seorang ahli genetika dan presenter BBC, mengatakan "rasisme diekspresikan di depan umum saat ini lebih daripada yang bisa diingat setiap saat, dan itu adalah tugas kita untuk menyangkalnya dengan fakta-fakta".

Jadi, dia membagikan pedoman bagi kita untuk memisahkan fakta dari mitos.

Inilah lima mitos ras yang dijabarkan dengan sains dan fakta:

MITOS 1: DNA orang kulit putih dan kulit hitam berbeda

Fakta
Getty Images
FAKTA: DNA Semua manusia hampir sama.

Pigmen utama pada kulit manusia adalah melanin. Ini digunakan untuk melindungi kita dari matahari.

Ini menyerap sinar ultra violet matahari sebelum mereka dapat menghancurkan folat, salah satu vitamin kunci dalam tubuh kita.

Banyak gen yang terlibat dalam jalur biokimia yang menghasilkan produksi melanin. Variasi alami dalam gen-gen ini adalah akar penyebab spektrum warna kulit yang dimiliki manusia.