Enam Orang Tewas Akibat Gempa Magnitudo 7,5 di Meksiko

Ilustrasi gempa bumi besar.
Sumber :
  • U-Report

VIVAnews - Gempa dengan kekuatan cukup besar, magnitudo 7,5, mengguncang Meksiko pada Rabu, 24 Juni 2020, kemarin. Akibat bencana alam tersebut, sejauh ini tercatat setidaknya enam orang meninggal dunia, dan puluhan orang luka-luka.

Gunung Karangetang Mengalami 10 Kali Gempa Embusan, Menurut PVMBG

"Untungnya tidak ada kerusakan besar," kata Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador seperti dilansir dari laman stuff.co.nz, Kamis, 25 Juni 2020.

Gempa yang pusatnya terletak di negara bagian selatan Oaxaca tersebut menyebabkan kerusakan yang cukup kecil termasuk 10 rumah sakit. Gempa yang lebih besar di Meksiko terjadi pada 2017, menewaskan 300 orang, dan tahun 1985, yang menewaskan 10.000 orang.

WNA Asal Rusia Kongkalikong dengan Hacker Meksiko Bobol ATM di Palembang

Gempa bumi itu terjadi sekitar 22 kilometer di lepas Samudra Pasifik, selatan kota Crucecita. Para ahli menyebut lokasi yang ada di lepas pantai bisa menjelaskan kenapa kerusakan yang ditimbulkan relatif terbatas.

Meski demikian, gempa susulan dengan kekuatan yang lebih kecil terjadi sepanjang sore, dan bisa dirasakan oleh penduduk Oaxaca. Otoritas setempat mengatakan ada lebih dari 1.400 gempa susulan.

Brutal, Ekuador Bobol Kedutaan Besar Meksiko Untuk Tangkap Paksa Wapresnya yang Dituduh Korupsi

Disebutkan bahwa sistem peringatan di Mexico City terdengar sebelum gempa itu dirasakan. Hal itu membuat banyak orang berlari ke jalan-jalan mencari tempat yang lebih aman.

Beberapa gedung tinggi di kota itu bergoyang dan penduduk memposting video yang menunjukkan adanya retakan-retakan di trotoar.

Surat kabar setempat melaporkan bahwa setidaknya 10 rumah sakit rusak akibat gempa. Karena itu, sejumlah pasien harus dievakuasi sementara.

Sementara itu, perusahaan minyak negara, Petroleos Mexicanos, terpaksa menutup kilangnya sementara. Sebab, satu orang pekerjanya meninggal karena jatuh saat gempa terjadi.

Selain itu dikatakan bahwa pasca gempa bumi tahun 1985 dan 2017, Meksiko mengubah standar bangunannya dengan struktur yang lebih tahan terhadap gempa. Namun, masih banyak bangunan di kota-kota besar Meksiko yang tidak memenuhi standar tersebut sehingga rentan jika terkena gempa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya