Sering Kesemutan saat Gowes, Waspada Saraf Menyempit

gowes di musim pandemi covid-19
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Bersepeda tengah menjadi idola berbagai kalangan saat ini. Baik tua, muda, pria maupun wanita, menggandrungi olahraga ini. Namun tak sedikit yang kerap mengeluh kesemutan di area jari tangannya usai bersepeda dalam waktu lama.

GP Ansor Ungkap Makna Gowes 90 KM, Simbol Perjuangan Menuju Indonesia Emas 2045

Kesemutan yang cukup sering terjadi itu enggak boleh disepelekan, lho. Menurut pakar, kesemutan di area jari khususnya kelingking bisa menjadi tanda bahaya pada saraf.

Baca juga: Sering Pegal Usai Gowes, Coba Peregangan Dulu

Gowes Jakarta-Malang Dimulai, Mau Menginspirasi Lansia agar Tetap Aktif

"Pegang setang bikin tangan kesemutan itu namanya Cycles palms. Di daerah situ sarafnya di kelingking dan setengah jari manis," ujar Spesialis Kesehatan Fisik dan Rehabilitasi dr Ibrahim Agung, Sp.KFR, dalam acara Hidup Sehat, tvOne, beberapa waktu lalu.

Dokter Ibrahim memaparkan, penyakit itu berdampak pada posisi saraf di antara kedua jari tersebut. Memakai sepeda yang tidak tepat atau posisi tangan yang salah, bisa menimbulkan kondisi tersebut.

Rayakan 50 Tahun Indomie, Ratusan Peserta Gowes Ramaikan GOCAPAN Indomie

"Saat pegang setang tidak tepat seperti terlalu tinggi atau rendah, bisa memicu tarikan atau penyempitan di sarafnya," terangnya.

Untuk itu, ia menyarankan agar para pesepeda dapat mengatur posisi setang atau bentuk sepedanya sesuai tinggi badannya. Dengan begitu, bahaya cedera pada tubuh bisa dihindari dan dicegah lebih dini.

"Pergelangan tangan jangan sampai ketekuk karena bisa menyempit sarafnya, kalau terlalu menekuk bisa menarik sarafnya. Kira-kira posisinya 30 derajat untuk tangan memegang setang," kata dia. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya