Cloud Computing Jadi Solusi di Tengah Pandemi

Ilustrasi cloud computing.
Sumber :
  • www,pixabay.com/wynpnt

VIVA – Pandemi COVID-19 membuat banyak perusahaan memutuskan untuk menutup operasional mereka. Hal itu dilakukan, karena mereka tidak memiliki dana untuk dapat terus bertahan hingga waktu yang belum jelas.

Saksi KPU Bantah Server Sirekap Disimpan di Luar Negeri

Namun kini, beberapa pengusaha mulai kembali menjalankan bisnis mereka. Belajar dari pengalaman, faktor utama yang mereka perhatikan adalah modal awal yang perlu dikeluarkan untuk peralatan.

Termasuk dalam hal penyimpanan data, yang tadinya rela berinvestasi membuat server sendiri kini memanfaatkan layanan cloud computing. Dengan memakai layanan berbagi server, maka biaya operasional bisa dihemat hingga 20 kali lipat lebih rendah.

Ganjar Sebut Server Pemilu yang Buruk Jadi Bukti Laporan ke MK

Salah satu perusahaan yang tanggap menyediakan layanan tersebut, yakni Flou Cloud. Perusahaan yang dibangun oleh anak bangsa ini didukung oleh teknologi dari Telkom group, dan ditujukan untuk mendukung berbagai macam bisnis, mulai dari startup hingga enterprise.

“Flou Cloud menjadi terobosan kami dengan menggunakan hi-end technology, dengan kemampuan mengelola hybrid multi cloud yang berkapasitas dan berkemampuan tinggi,” ujar Direktur Bisnis dan Penjualan Flou Cloud, Tanto Suratno melalui keterangan resmi, dikutip Kamis 20 Agustus 2020.

Menko Polhukam Sebut Data Pemilih di Sirekap Tetap Aman meski Server dari Luar Negeri

Layanan yang ditawarkan meliputi compute, storage, network, dan security serta berbagai software as a services (SaaS). Cukup mengakses www.floucloud.id, pebisnis dapat memilih produk dan solusi berbasis cloud sesuai dengan kebutuhan.

Meski merupakan karya anak bangsa, namun Flou Cloud memiliki infrastruktur data center yang tersertifikasi internasional dan tersebar di beberapa wilayah lokal maupun internasional. Sebagai perkenalan, tersedia paket gratis selama 3 bulan untuk 100 pelanggan yang melakukan registrasi pada bulan ini.

Baca juga: Penerus iPhone 11 Mulai Dijual Oktober Tahun Ini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya