Hatta: PAN Belum Simpulkan Kasus Century

VIVAnews - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Hatta Rajasa menegaskan partainya belum mengeluarkan kesimpulan dalam kasus Bank Century.

Hatta juga membantah PAN menyimpulkan ada pelanggaran dalam pengucuran dana pada Bank Century. "Yang mana [pelanggaranya], coba sebutkan. Yang pasti belum ada kesimpulan atau rekomendasi," kata Hatta di Istana Weakil Presiden, Selasa 16 Februari 2010.

"Kemarin yang disampaikan bukan sebuah kesimpulan," tegas Hatta.

Apakah kesimpulan akhir PAN akan berbeda dengan kesimpulan awal? "Ya tunggu saja," jawab Hatta.

*
Dalam pandangan PAN yang dibacakan oleh anggota Pansus Century, Asman Abnur disebut bahwa sejak awal Bank Indonesia melanggar keputusan yang dibuatnya sendiri terkait merger tiga bank, yakni CIC, Danpac dan Pikko menjadi Bank Century.

"BI telah melanggar aturan merger," kata dia di rapat Panitia Khusus Hak Angket Kasus Bank Century di Gedung Dewan, Senayan, Jakarta, Senin 8 Februari 2010. BI, tambah dia, juga telah mempermudah proses merger tersebut.

PAN juga menilai menilai BI melakukan indikasi mempermudah Bank Century untuk memperoleh fasilitas pinjaman jangka pendek (FPJP).

Sementara, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), lanjut Asman, melanggar ketentuan yang mengatur bahwa LPS menghitung penanganan bank gagal berdampak sistemik.

"Ada indikasi korupsi, memenuhi unsur korupsi yang dilakukan oleh BI dan LPS . Unsurnya, ada kerugian negara, penyalahgunaan kewenangan, dan pelanggaran hukum," kata Asman.

"Komisi Pemberantasan Korupsi layak menangani kasus Bank Century," lanjut dia.

PAN juga meminta Pansus sungguh-sungguh mengusut ke mana aliran dana pada Bank Century mengalir.

Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba, Chandrika Chika Ternyata Positif Metafetamin Juga
Enam tersangka yang terjerat dugaan kasus narkoba di Jaksel

Terbongkar! Atlet e-Sport Terlibat Kasus Narkoba Liquid Ganja Bareng Chandrika Chika

Rezka menuturkan selain Selebgram Chandrika Chika ada salah satu atlet e-Sports yakni bernama Aura Jiexy alias AJ. Selanjutnya, ada juga inisial AT, MJ, AMO, BB.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024