Internet Jadi Tempat Berburu Rumah

Ilustrasi perumahan.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Banyak kebiasaan orang yang berubah dengan hadirnya internet. Mulai dari cara mereka menghabiskan waktu luang, bekerja hingga menjalankan bisnis.

Rumah Digruduk Warga, Via Vallen Tetap Santai Update Sosmed Tentang Kehamilan

Internet juga mengubah cara orang dalam hal membeli hal yang dibutuhkan, termasuk rumah. Semakin sedikitnya jumlah tanah kosong, membuat orang harus mencari hingga ke luar dari wilayah mereka saat ini.

Adanya internet membuat hal tersebut menjadi lebih mudah. Calon pembeli cukup mencari tempat tinggal yang diinginkan di berbagai laman penyedia hunian tanpa perlu keluar rumah.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Etika Pelajar di Dunia Digital"

Berdasarkan hasil survei Rumah.com bekerjasama dengan lembaga riset Intuit Research, 79 persen responden mendapatkan informasi properti dari portal properti, dan 67 persen responden lainnya mengetahui dari media sosial.

Baca juga: Spesialnya Obat Donald Trump, Sedikit yang Pernah Pakai

Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, AKP Heru: Diduga Ada Bahan Mercon Sebanyak 1 Kg

Hasil dari survei itu juga menunjukkan, bahwa kelompok anak muda usia 22-29 tahun memiliki intensi paling tinggi untuk memiliki rumah saat ini, yang dinyatakan oleh 44 persen responden. Sementara pada kelompok usia 30-39 tahun, intensi memiliki rumah saat ini dinyatakan oleh 36 persen responden.

“Meskipun kami sadar punya keterbatasan finansial, kami berusaha mencari informasi tentang perumahan baru di Depok. Untuk lebih memudahkan, kami juga mencari informasi perkembangan harga rumah secara online,” ujar salah seorang pengguna laman Rumah.com, Zahrina.

Kisah Zahrina adalah satu dari sekian banyak dari cerita inspiratif para pencari rumah, yang telah berhasil memiliki hunian sendiri.

“Cerita yang dikumpulkan sangat relevan dengan tantangan para pencari rumah, sehingga bersama-sama bisa mengumpulkan inspirasi dan memelihara semangat optimisme memiliki rumah,” tutur Country Manager Rumah.com, Marine Novita melalui keterangan resmi, dikutip Rabu 7 Oktober 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya