Keahlian IT Ini Banyak Dibutuhkan dan Gajinya Menggiurkan

Ilustrasi Internet of Things.
Sumber :
  • www.pixabay.com/jeferrb

VIVA – Berubahnya pola hidup masyarakat dari offline ke online, membuat banyak perusahaan harus mengubah pola bisnis mereka. Termasuk, menguatkan sumber daya manusia yang memiliki ilmu dalam bidang Information Technology atau IT.

Istri Pegang Semua Gaji Hingga ATM Suami, Ustaz Khalid Basalamah: Anda Tidak Punya Hak

IT memiliki banyak cabang ilmu, dan salah satu yang saat ini sedang dibutuhkan adalah peneliti data atau data scientist. Jenis pekerjaan ini berhubungan erat dengan Big Data dan Internet of Things.

Riset yang dilakukan PHI-Integration menunjukkan, gaji profesi data scientist untuk level junior atau fresh graduate yakni Rp12-15 juta. Jika sudah profesional dan bersertifikasi internasional, bisa mengantongi lebih dari Rp20 juta per bulan.

Irak Tunda Gaji Pegawai Negeri, Masyarakat Frustasi Kesulitan Beli Bahan Pokok

Namun, hal itu tidak dapat dicapai dengan mudah. Minimnya SDM yang menguasai bidang tersebut memang menjadi peluang, namun standar yang ditetapkan perusahaan juga tinggi.

Untungnya, ada beberapa tips agar kamu bisa menguasai ilmu tersebut dengan lebih mudah. Berikut caranya, dilansir dari keterangan resmi lembaga pelatihan Course-Net, Rabu 4 November 2020.

Rahasia Terpecahkan! Makhluk Laut Ini Punya Mata di Seluruh Cangkangnya

Pertama, ketahui ilmu apa saja yang perlu dikuasai oleh data scientist, seperti statistik, pemrograman hingga bisnis. Kamu bisa belajar sendiri, atau jika ingin cepat bisa mengambil kursus di Course-Net.

Komunitas Data Science Indonesia adalah tempat yang tepat untuk mencari informasi dan bertukar pikiran. Jangan pernah berpikir bahwa kamu bisa menguasai ilmu yang dibutuhkan tanpa bantuan orang lain.

Jangan pernah biarkan semua yang kamu pelajari menjadi hanya sebuah teori. Ikuti ujian sertifikasi untuk menguji kemampuan, sekaligus mengetahui kamu sudah mencapai level mana.

Terakhir, disarankan untuk memiliki pelatih atau coach yang ahli dalam bidang data. Dengan cara ini, kamu bisa berkonsultasi kapan pun dibutuhkan.

Photo :
  • Istimewa

Baca juga: Mau Nasi Bebas Racun, Pakai Cara Masak ala Ilmuwan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya