Jakarta Fashion Week 2021 Digelar Virtual

Jakarta Fashion Week (JFW) 2020.
Sumber :
  • VIVA/Sumiyati

VIVA – Jakarta Fashion Week (JFW) akan kembali digelar meski pandemi COVID-19 masih melanda Tanah Air. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Jakarta Fashion Week 2021 akan digelar secara virtual untuk pertama kalinya demi mencegah penularan penyakit menular itu.

Gandeng Desainer Indonesia di JFW 2024, Epson Promosikan Pencetakan Ramah Lingkungan

Krisis pandemi global akibat COVID-19 telah memiliki dampak yang signifikan dalam industri fesyen. Di Indonesia sendiri, dampak pandemi sangat terasa bagi pemain di industri fesyen, yang berimbas pada penutupan toko fisik dan pemangkasan biaya marketing.

Baca Juga: Jakarta Fashion Week 2021 Tampilkan 60 Desainer

Kemewahan Sheet Mirror Series di Balik Desain Interior Jakarta Fashion Week 2024

Berdasarkan laporan dari Bain & Company, disebutkan bahwa kerugian bisnis fesyen diprediksi akan mencapai sebanyak 60 persen akibat pandemi global ini. Untuk itu, penyelenggara acara fashion show juga harus memutar otak untuk tetap dapat menampilkan karyanya seperti gelaran Jakarta Fashion Week yang biasanya hadir tiap tahun.

"Di saat sebagian besar orang masih membatasi kegiatan di luar rumah, fashion brand dan desainer harus cerdas dan cepat mencari cara baru agar selalu terhubung dengan pelanggan, serta menghadirkan kreativitas baru di bidang fashion kepada para penggemar karya mereka. Di situlah TikTok berperan sebagai platform inovatif untuk ekspresi kreatif, khususnya di dunia fashion," kata Direktur Jakarta Fashion Week, Lenni Tedja, dalam acara virtual, Jumat, 20 November 2020

Didiet Maulana Tampilkan Koleksi Busana Wiron di JFW 2024

Dalam diskusi bertajuk ‘Mendorong Revolusi Industri Fesyen di Platform Digital’ bersama beberapa pemain di industri fesyen Indonesia untuk membahas bagaimana adaptasi dan perubahan yang terjadi di industri tersebut, termasuk dengan potensi pemanfaatan TikTok sebagai platform digital.

Diakui Brand & Marketing Director, Cottonink, Ria Sarwono, kehadirannya sebagai salah satu brand fashion lokal yang akan ikut hadir di Jakarta Fashion Week secara virtual sudah diprediksi sejak awal.

"Platform digital sudah menjadi bagian dalam perjalanan Cottonink sejak awal. Namun dengan adanya berbagai challenge seru dan kreatif di TikTok, itu memberikan cara baru bagi Cottonink untuk menyampaikan koleksi terbaru kami," kata Ria.

Jakarta Fashion Week mengadakan the 1st Virtual Fashion Show Festival di Indonesia. Penyelenggarakan Jakarta Fashion Week 2021 akan berlangsung mulai 26-29 November 2020 di akun resmi @jfwofficial di TikTok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya