Cara Mudah Memiliki Rumah Berteknologi Smart Home

Ilustrasi smart home
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Jaringan internet kini semakin banyak tersedia di rumah warga, terutama yang lokasinya ada di kota besar seperti Jakarta dan kawasan penyangga, yakni Tangerang, Depok dan Bekasi.

Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

Kecepatan yang tersedia juga cukup kencang, ideal digunakan untuk menikmati layanan streaming video hingga bermain game online.

Untuk bisa menikmatinya, pelanggan hanya perlu membayar biaya bulanan. Beberapa penyedia jasa internet bahkan membebaskan pengguna dari besarnya pemakaian data, asalkan masih dalam tahap wajar.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Agar tidak mubazir, pemilik rumah bisa memanfaatkan bandwith yang tersedia untuk keperluan smart home, yakni sistem yang membuat hunian jadi lebih nyaman dan aman.

Photo :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia
Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

Saat ini sudah ada beberapa perangkat yang dibuat khusus untuk kebutuhan itu, seperti pengatur suhu ruangan dan kamera pengawas. Bahkan, ada juga kunci pintu yang dikendalikan secara elektronik dan terhubung ke jaringan internet.

Beberapa merek juga menyediakan lampu canggih, yang warna cahaya serta lama aktifnya bisa diatur melalui gawai. Ini sangat ideal untuk mereka yang setiap harinya tiba di rumah saat matahari sudah terbenam, di mana lampu dapat menyala otomatis untuk menghindari kejadian buruk.

Namun, salah satu kendala dari penerapan smart home adalah peranti yang disediakan biasanya berasal dari merek berbeda. Untuk membuat semuanya dapat terhubung, perlu beberapa hal.

Pertama, pastikan sinyal jaringan nirkabel internet mencapai seluruh sudut rumah, termasuk halaman jika ingin memasang lampu pintar di area tersebut. Mesh router bisa jadi pilihan, karena dapat ditambah dengan mudah dan tidak perlu mengubah konfigurasi.

Langkah kedua yakni dengan memasang aplikasi yang sesuai di gawai. Ada baiknya menggunakan hanya satu aplikasi, yang bisa terhubung ke seluruh peranti di rumah agar pengendaliannya lebih gampang.

Photo :
  • TP-Link

Jika kamu baru berencana memiliki rumah dan ingin teknologi canggih sudah tersedia, ada beberapa perumahan yang sudah menyediakan fasilitas tersebut. Salah satunya, Go Home Residence di Cisauk, Serpong, Tangerang.

Berjarak hanya 10 menit dari Aeon BSD, perumahan yang dikembangkan oleh PT Sinar Gading Group dengan konsep Tropical and Modern Japanese Style ini bisa dimiliki dengan harga mulai Rp600 jutaan.

Selain memiliki langit-langit yang tinggi, yakni mencapai 5,8 meter, unit yang disediakan juga dibekali fitur smart home, yang meliputi Smart Door Lock, Smart Remote dan Smart Switch.

“Filosofi dari Go Home Residence adalah, etiap orang seberapa sibuk pekerjaan atau aktivitasnya, terutama di daerah perkotaan, pada akhirnya akan kembali ke rumahnya masing-masing untuk menemukan ketenangan dan kedamaian yang sejati,” ujar Direktur Pemasaran Sinar Gading Group, Joy D Lango, Kamis 10 Desember 2020.

Photo :
  • Go Home
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya