Teknik Informatika Enggak Melulu soal Bikin Program

Ilustrasi coding atau programmer.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Jika bicara mengenai Teknik Informatika, maka yang umumnya terbayang adalah berkutat dengan komputer dan bahasa pemrograman.

Desain Lenovo ThinkStation P8 Terinspirasi Aston Martin

Pandangan tersebut memang tidak salah, namun bukan berarti TI hanya melulu membahas soal dua hal itu. Ada beberapa pekerjaan lain yang bisa dijalani dengan ilmu dari TI.

Dikutip dari laman Binus.ac.id, Minggu 4 April 2021, TI adalah jurusan yang mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip dari ilmu komputer serta menganalisis secara matematis. Anda akan belajar untuk mengolah data dengan memanfaatkan komputer, dan melibatkan prinsip serta proses logika.

4 Rekomendasi Komputer Tanpa CPU untuk Pekerja Kantoran hingga Content Creator

Selain programmer, lulusan TI juga bisa bekerja sebagai Cyber Security Analyst, yang bertugas melakukan pengujian sistem keamanan dan melaporkannya jika suatu hari terdapat celah.

Atau dapat juga melamar lowongan Data Scientist, di mana profesi ini bertugas untuk menganalisa data yang digunakan dalam pengambilan suatu keputusan. Anda harus memiliki kemampuan dalam mengolah data dengan menggunakan statistik, logika yang baik, serta pemrograman bahasa.

8 Alat untuk Melihat Hilal, Ada Tongkat

Terakhir yakni SEO Specialist, tugasnya membuat agar sebuah laman bisa berada di posisi halaman pertama mesin pencarian. SEO Specialist menjadi salah satu profesi yang saat ini banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan media.

Sebagai informasi, Universitas Binus baru saja mendapatkan rating 5 bintang dari QS World University Ratings atas komitmen peningkatan kualitas dalam delapan bidang, yaitu Teaching, Employability, Internationalization, Academic Development, Facilities, Program Strength, Social Responsibility, dan Inclusiveness. Selain itu, program Online Learning Binus University juga mendapatkan rating lima bintang.

“Pencapaian ini memberikan landasan yang kuat bagi Universitas Binus untuk terus memberdayakan masyarakat dengan memberikan pendidikan terbaik, mengembangkan inovasi dan teknologi, serta melahirkan lulusan berkualitas yang memberikan dampak positif kepada masyarakat,” ujar Rektor Universitas Binus, Harjanto Prabowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya