Tentara Amerika Mendarat di Somalia

VIVAnews - Pada 9 Desember 1992, tentara Amerika Serikat mendarat di pantai Somalia. Pasukan ini merupakan bagian dari misi internasional untuk memulihkan keamanan di negara Afrika tersebut.

Tim Pengawas Haji DPR Ajak Masyarakat Berdoa untuk Kebebasan Palestina

Sejak digulingkannya diktator Muhammad Siad Barre pada tahun 1991, lebih dari 300.000 penduduk Somalia tewas akibat perang saudara. Wilayah yang terletak di tanduk timur Afrika tersebut menjadi ajang konflik sejumlah kelompok bersenjata yang menjadi penguasa de facto negara tersebut.

Meskipun direncanakan hanya berlangsung satu bulan, misi berkekuatan 35.000 tentara dan melibatkan tidak kurang dari 35 negara ini ternyata berlanjut hingga Maret 2004.

Polisi Kantongi Identitas OTK yang Kejar Pasutri dan Lepaskan Tembakan di Kemayoran

Setelah sempat meraih keberhasilan pada awal misinya, pada Oktober 1993, misi perdamaian di Somalia mengalami kemunduran setelah terjadi pertempuran sengit yang menewaskan 18 tentara Amerika.

Konflik yang terus memanas memaksa PBB menarik seluruh pasukannya dari Somalia dua tahun kemudian. Sejak saat itu Somalia menjadi wilayah tak bertuan dan menjadi rumah bagi berbagai tindak kejahatan, seperti perampokan, pembunuhan dan perompakan

Nggak Mau Ketinggalan? Ini Dia Deretan Barang Gratisan Terheboh di Jakarta Fair 2024
Es Kopyor

Segarnya! Resep Es Kopyor Imitasi Chef Devina, Cocok Temani Hidangan Daging Kurban

Selain menikmati makanan olahan daging di hari Raya Idul Adha hari ini, jangan lupa segarkan diri dengan minuman segar salah satunya es kopyor. Yuk simak resepnya!

img_title
VIVA.co.id
17 Juni 2024