5 Makanan Sehat untuk Menurunkan Hipertensi

hipertensi
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah gejala yang tidak boleh dianggap sepele, malah ini harus ditangani dengan serius, pasalnya gejala ini akan menimbulkan komplikasi hipertensi jika salah dalam penanganan.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Salah cara untuk mengurangi atau mengontrol tekanan darah tinggi dengan dibiasakan cara pola hidup sehat, melalui dari memilih makanan dan beraktivitas seperti olahraga.

Gejala muncul setelah tekanan darah tinggi sudah cukup parah. Padahal, hipertensi yang tidak segera diatasi dapat memicu berbagai gangguan kesehatan yang lebih buruk, bahkan kematian.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Ada berbagai faktor risiko seseorang mengalami kondisi ini. Nah, jika kamu memiliki riwayat keluarga dengan hipertensi, sebaiknya cegah dan lakukan gaya hidup sehat untuk mengatasi kondisi ini, Berikut beberapa makanan sehat untuk mencegah hipertensi seperti dikutip dari halodoc dan hellosehat sebagai berikut:

1. Sayur Hijau

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Sayuran hijau seperti bayam, kale, lobak hijau, sawi, dan selada, mengandung kalium, magnesium, dan serat sehingga cocok sebagai makanan untuk penderita hipertensi, konsumsilah setengah cangkir sayuran hijau matang setiap harinya untuk dapat menurunkan tekanan darah tinggi Anda.

2. Yogurt

Yogurt merupakan salah satu produk susu, karena itu jenis makanan ini mengandung kalsium tinggi yang cocok untuk penderita hipertensi. Selain itu, yogurt juga mengandung probiotik tinggi yang diyakini dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurut beberapa penelitian.

3. Buah Bit

Selain tiga makanan di atas, buah bit merupakan makanan yang juga bisa menurunkan tekanan darah. Buah ini mengandung nitric oxide, yang dapat membantu membuka pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

4. Kentang

Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung tinggi kalium dan magnesium serta serat, yang mampu menurunkan tekanan darah sehingga cocok untuk penderita hipertensi, namun harus tidak menggunakan garam.

5. Minyak Ikan

Tidak hanya ikan, minyak ikan juga bisa menjadi bahan makanan pilihan untuk penderita hipertensi. Minyak ikan sudah terkenal dengan berbagai khasiatnya, termasuk untuk mencegah tekanan darah tinggi dan baik bagi kesehatan jantung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya