8 Manfaat Kurma bagi Kesehatan, Picu Kontraksi Salah Satunya

Air Putih dan Kurma
Sumber :
  • U-Report

VIVA  – Manfaat kurma sudah pasti sering dicari oleh segelintir orang yang sedang ingin hidup sehat atau ingin sembuh dari segala penyakit.  Kurma sendiri merupakan tanaman palma yang buahnya dapat dikonsumsi. Memiliki rasa yang manis, membuat buah kurma  selalu dikonsumsi di setiap kebutuhan.

Coros Rilis Vertix 2S, Ini Spesifikasi dan Harganya

Memiliki rasa manis dengan kandungan gula alami menjadikan kurma buah favorit pilihan keluarga. Tidak hanya memiliki rasa yang manis, ternyata manfaat buah kurma sangatlah banyak bagi kesehatan. Terdapat banyak kandungan vitamin dan nutrisi yang didapat dari manfaat buah kurma.

Saking banyaknya manfaat buah kurma, menjadikan buah ini banyak dibudidayakan di timur tengah, contohnya Arab Saudi. Bicara soal kurma, apa yang terlintas dalam pikiran kalian selain manfaatnya? Buah yang berasal dari Timur Tengah ini terkenal menjadi salah satu buah favorit untuk menu berbuka puasa.

Arab Saudi Gandeng Bill Gates Berikan Vaksin Polio pada Jemaah Haji

Buah kurma sering dicari pada saat momen Ramadan untuk dijadikan menu bukan puasa maupun makan sahur.  

kurma.

Photo :
  • U-Report
Gelombang Cuaca Luar Biasa Panas Melanda Asia Selatan dan Tenggara

Kandungan Kurma

Sebelum mengetahui ragam manfaat yang ada di dalam buah kurma, ada baiknya kita mengetahui apa saja kandungan di dalamnya. Buah kurma nyatanya memiliki banyak kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh manusia.

1. Nutrisi yang Melimpah

Tahukah kalian, ternyata sumber manfaat kurma itu terdapat dari kandungan nutrisinya yang begitu melimpah? U.S. Department of Agriculture membagikan seputar informasi nutrisi berikut untuk mengonsumsi satu buah kurma dengan total 7 gram, yaitu:

Kalori: 20
Lemak: 0 g
Natrium: 0,14 mg
Karbohidrat: 5.3g
Serat: 0.6 g
Gula: 4 g
Protein: 0,2 g

Kurma bukanlah sumber lemak yang signifikan. Melihat data dari U.S. Department of Agriculture di atas, dapat diketahui bahwa jumlah lemak dalam kurma adalah 0 gram. Tapi kurma justru menyimpan protein dalam jumlah minimal. 

2. Kaya akan Antioksidan

Selain nutrisi, manfaat kurma juga mengandung banyak antioksidan di dalamnya. Di mana antioksidan tersebut mampu untuk melindungi segala sel dari radikal bebas. Journal of the American College of Nutrition menjelaskan, bahwa kurma mengandung antioksidan yang paling tinggi dibanding buah lainnya seperti buah ara dan plum kering.

Antioksidan-antioksidan dalam kurma adalah sebagai berikut:

- Flavonoid: Mengurangi inflamasi dan mengurangi risiko diabetes, -  - Alzheimer, dan beberapa jenis kanker.
- Karotenoid: Menjaga kesehatan jantung dan mencegah risiko penyakit mata seperti degenerasi makula.
- Asam fenolik: Antiradang serta mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung.

3. Cocok Dijadikan Pemanis Buatan

Memiliki kandungan fruktosa yang tinggi menjadikan kurma sebagai pemanis buatan. Di mana kandungan tersebut sama halnya dengan dua kali manisnya glukosa. Terdapat setengah gram serat yang ada di dalam kandungan buah kurma. Uniknya, ketika buah kurma matang kandungan gulanya semakin meningkat dan seratnya pun akan berkurang. 

Meskipun manis, kurma ternyata merupakan makanan rendah glisemik, menurut jurnal Nutrition. Manfaat kurma ternyata sangat cocok untuk pengganti gula putih yang baik untuk kesehatan. Ditambah kandungan serat dan antioksidan di dalamnya bisa membuat tubuh jadi semakin sehat.

Manfaat Kurma 

Nah berikut ini terdapat beragam manfaat kurma yang baik untuk kesehatan. Mulai dari untuk kesehatan ibu hamil, mengatasi sembelit, mencegah diabetes sejak dini dan masih banyak lagi lainnya. Daripada penasaran simak langsung manfaat kurma berikut ini yang bisa jadi solusi untuk kesehatan Anda.?

1. Detoksifikasi Tubuh

Ilustrasi detoksifikasi organ tubuh.

Photo :
  • U-Report

Diam-diam manfaat kurma yang direndam dengan air bisa membantu proses detoksifikasi tubuh lho. Manfaat ini berasal dari kandungan alkali yang dimilikinya. Alkali ini bisa membantu menyeimbangkan kandungan asam dalam tubuh. Kandungan alkali pada kurma nyatanya sangat efektif bantu keluarkan racun-racun penyebab penyakit. Mengonsumsinya setiap hari juga tak akan berdampak buruk bagi kesehatan.

2. Mengurangi Diabetest

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • vstory

Masalah diabetes pun bisa diatasi dan dicegah dengan manfaat air rendaman kurma. Kandungan serat di dalamnya ampuh turunkan risiko diabetes. Serat tak larut yang dimiliki kurma bisa dicerna lebih lambat di dalam perut.

Begitu juga dengan air rendaman kurma yang memiliki kandungan gula alami. Gula alami ini tentunya sangat ampuh untuk kontrol kadar gula darah penderita diabetes. Penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition Journal tahun 2011 menunjukkan bahwa kurma memiliki indeks glikemik rendah.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Ilustrasi jantung

Photo :
  • Times of India

Kurma juga dikenal kaya vitamin dan mineral. Tahukah kalian, manfaat kurma yang direndam air ternyata sangatlah banyak. Selain yang disebutkan di atas, juga mampu menjaga kesehatan jantung. Terdapat magnesium dan kalium yang bisa turunkan tekanan darah. Kandungan serat yang dimiliki buahnya ampuh kontrol kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Terdapat juga kandungan antioksidan pada buah kurma seperti asam fenolik yang bersifat antiradang. Asam fenolik yang dipercaya dapat membantu menurunkan risiko hipertensi, penyakit jantung, dan stroke. Para ahli merekomendasikan untuk makan buah dan air rendamannya dua kali seminggu untuk jaga kesehatan jantung.

4. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Ilustrasi sel kanker menyerap glukosa dari aliran darah

Photo :
  • U-Report

Ini dia salah satu penyakit yang paling ditakuti banyak orang. Tahukah kalian, kita bisa mengurangi pertumbuhan sel kanker dengan rutin mengonsumi buah kurma. Buah kurma diketahui mengandung banyak antioksidan alami, seperti fenolik dan flavonoid.

Kandungan ini memiliki peran penting dalam mencegah pertumbuhan sel kanker. Penelitian pada hewan menunjukkan, bahwa buah kurma dapat menghambat pertumbuhan sel kanker hati dan meningkatkan fungsi hati. Meski begitu, manfaat buah kurma ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Untuk memperoleh manfaat buah kurma secara maksimal, Anda disarankan untuk mengonsumsi buah ini secukupnya, yakni tidak lebih dari 3–4 buah per hari. 

Manfaat Kurma bagi Ibu Hamil

Ilustrasi hamil/ibu hamil.

Photo :
  • Freepik/user18526052

Setelah tadi mengetahui manfaat kurma bagi kesehatan, kini waktunya mengetahui manfaat kurma bagi ibu hamil. Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research, mengungkapkan jika kurma aman dan bermanfaat bagi ibu dan bayinya.

Namun, sebaiknya mengonsumsi kurma dalam jumlah yang sedang dan tidak berlebihan.  Selain terkenal membantu proses persalinan, ada beberapa manfaat kurma untuk ibu hamil yang bisa didapatkan. Apa saja ya?

5. Memberikan Energi pada Ibu Hamil

Manfaat kurma untuk ibu hamil yang pertama adalah memberikan energi pada tubuh. Bagi kamu yang sedang hamil, mengonsumsi buah kurma tentu jadi salah satu solusinya. Nah, mengonsumsi beberapa kurma setiap hari punya manfaat dalam memasok gula yang dibutuhkan, bersama dengan nutrisi lainnya.

6. Mencegah Cacat Lahir

Manfaat kurma bagi ibu hamil teryata bisa menjadi sumber folat yang baik untuk ibu hamil. Dilansir dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), asam folat dapat mencegah cacat bawaan yang terkait dengan otak dan sumsum tulang belakang.

WHO merekomendasikan suplemen folat dan asupan makanan kaya folat sebelum dan selama kehamilan, untuk mencegah cacat bawaan lahir. Selain itu, manfaat kurma untuk ibu hamil muda juga bisa dirasakan.

7. Mengatur Tekanan Darah Ibu Hamil

Selama proses kehamilan, sudah pasti kita membutuhkan banyak nutrisi. Mengonsumsi kurma dapat memberikan manfaat untuk ibu hamil tua dengan mengatur tekanan darah . Manfaat buah kurma mengandung kalium yang mampu menjaga keseimbangan air dan garam, mengatur tekanan darah, dan menghindari kram otot saat hamil.

8. Memicu Kontraksi

Pada Journal of Obstetrics and Gynecology, menemukan 77 wanita makan tujuh potong kurma mulai minggu ke-37 kehamilan mereka. Meski tidak terlalu signifikan dan dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

Para peneliti menemukan ,bahwa wanita mampu mengalami peningkatan hormon oksitosin, untuk meningkatkan kontraksi menjelang persalinan. Kurma bisa dimakan dalam semua tahap kehamilan. Bagi ibu hamil, kalian hanya perlu berhati-hati tentang jumlah kurma yang akan dikonsumsi.

Beberapa ibu hamil menghindari konsumsi kurma selama musim panas berlangsung, karena diyakini mampu menghasilkan panas dan sakit perut atau suhu tubuh. Tapi ini belum terbukti secara ilmiah. Terbukti kurma tidak memiliki efek samping jika dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Praktisi Pengobatan sunnah Indonesia, dr Zaidul Akbar

Zaidul Akbar Sebut Ada Bahaya Tersembunyi di Balik Kebiasaan Minum Saat Makan

Penggagas Jurus Sehat Rasulullah, dr Zaidul Akbar mengatakan kebiasaan makan berbarengan dengan minum dapat memicu masalah pada kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024