5 Manfaat Temulawak bagi Tubuh, Obat Alami Pilihan Keluarga

Ilustrasi temulawak.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Manfaat temulawak telah terbukti sebagai pengobatan tradisional di negara Ginseng China. Hal tersebut lantaran, temulawak memiliki banyak khasiat yang luar biasa.Tanaman yang bentuknya mirip dengan kunyit ini memiliki warna kuning muda dengan bentuk silinder yang memiliki diameter berukuran 6 cm. 

7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

Saking banyaknya kandungan di dalam temulawak, membuat masyarakat Indonesia tertarik untuk mengonsumsi temulawak dalam bentuk minuman maupun bumbu pelengkap makanan. Tanaman herbal satu ini biasanya juga sering digunakan sebagai bumbu dapur dan diolah sebagai pelengkap untuk membuat rasa makanan jadi semakin lezat dan gurih. 

Temulawak sudah dikenal di Indonesia sebagai rempah-rempah yang bisa diolah menjadi jamu tradisonal. Tanaman herbal satu ini sering kali kita jumpai di Indonesia, karena memiliki manfaat yang banyak dan luar biasa.

Kinerja Seluruh Sektor Lapangan Usaha Kinclong Kuartal I-2024, BI Kasih Buktinya

Masyarakat Indonesia sendiri pun pasti sudah mengetahuinya, jika manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh sangatlah banyak. Hal tersebut karena temulawak memiliki beragam kandungan dan senyawa kimia yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan dan Senyawa Kimia pada Temulawak

10 Negara yang Mengekspor Tembakau Terbanyak di Dunia, Indonesia Segini

Temulawak.

Photo :
  • U-Report

Sebelum mengetahui ragam manfaat temulawak, ada baiknya kita simak tentang kandungan-kandungan yang ada di dalamnya. Temulawak memiliki beragam kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, mulai dari kurkuminoid, minyak atsiri, pati, protein, lemak, selulosa, dan mineral, zat tepung,kamfer, serat, glukosida, antioksidan, dan masih banyak lagi lainnya.

Salah satu kandungan dalam temulawak, yaitu pati. Di mana pati merupakan komponen terbesar dalam tanaman temulawak.  Memiliki warna putih kekuningan, karena pati mengandung kurkuminoid. Kurkuminoid sendiri merupakan zat pemberi warna kuning yang ada pada temulawak dan kunyit.

Jadi jangan heran warna kuning yang dihasilkan dari kedua tanaman tersebut bersumber dari kurkuminoid.

Kandungan Temulawak:

0,37% abu
1,52% protein
1,35% lemak
0,80% serat
79,96% karbohidrat
15 ppm kurkumin
11,45 ppm kalium
6, 38 ppm natrium
19,07 ppm kalsium
12,72 ppm magnesium
6,38 ppm zat besi
0,82 ppm mangan
0,02 ppm kadmium

Ada tambahan terkait #PPM di dalam kandungan temulawak di atas berarti bagian per sejuta, yang merupakan satuan konsentrasi yang dinyatakan dalam bentuk mg/Kg.

Selain kandungan di atas, tanaman temulawak juga memiliki zat aktif yang terkandung di dalamnya. Mulai dari germakron, yang menjadi antiradang dan menghambat pembengkakan, setelah itu tumeron yang menjadi antimikroba, dan terakhir ada p-toluilmetillkarbinol dan seskuiterpen d-kamper, yang dapat meningkatkan produksi dan emepdu.

Manfaat Temulawak bagi Kesehatan

Temulawak.

Photo :
  • U-Report

Nah setelah mengetahui ragam kandungan di dalam temulawak, mari kita simak ragam manfaat yang ada di dalam temulawak. Manfaat temulawak sendiri sangatlah banyak dan pastinya baik untuk kesehatan tubuh.

Tanaman temulawak atau yang biasa disebut dengan Curcuma Xanthorrhiza ini sudah terbukti bisa dijadikan sebagai obat tradisional penangkal beragam penyakit. Tak heran jika tanaman herbal ini dipercaya sebagai obat tradisional di China. 

Ragam kandungan yang ada di dalam tanaman herbal ini, membuat manfaat temulawak mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Kira-kira, apa saja manfaatnya ya?

1. Menjaga Kesehatan Liver

Ilustrasi liver.

Photo :
  • U-Report

Dilansir dari Scientific Researh Journal, ekstrak temulawak nyatanya terbukti memiliki manfaat dalam melindungi hati dari hepatotoksin, seperti karbon tetraklorida dan acetaminophen. 

Sedangkan, Hepatotoksin adalah bahan kimia yang menyebabkan efek buruk pada hati. 
Jadi bisa dibilang, temulawak merupakan salah satu bahan alami yang bisa dijadikan pilihan untuk membantu menjaga kesehatan hati Anda.

2. Obat Peradangan

Ilustrasi tanda peradangan di tubuh.

Photo :
  • U-Report

Salah satu kandungan dari temulawak yaitu memiliki senyawa antiradang. Di mana senyawa ini bisa menghambat produksi prostaglandin E2 yang memicu peradangan. Oleh karena itu, kandungan senyawa antiradang di dalamnya bisa membantu mengatasi penyakit akibat peradangan di dalam tubuh seperti radang sendi.

3. Mengatasi Masalah Pencernaan

Gangguan pencernaan.

Photo :
  • U-Report

Manfaat temulawak yang ketiga adalah mampu mengatasi masalah yang berhubungan dengan pencernaan. Di mana tanaman herbal ini mampu merangsang produksi cairan empedu di kantong empedu.  Menurut para ahli, manfaat temulawak juga baik untuk mengatasi perut yang kembung, serta membantu pencernaan yang tidak lancar dan teratur.

Ada sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Clinical Gastroenterology and Hepatology, dimana meminta pasien yang mengalami peradangan usus untuk mengonsumsi tanaman temulawak ini setiap hari. Hal tersebut agar mendapatkan hasil yang maksimal sesuai yang diharapkan. Dan ternyata terbukti, hasilnya mereka bisa mengalami proses penyembuhan yang lebih cepat.

4. Mengobati Kanker

ilustrasi kanker hati

Photo :
  • U-Report

Untuk pengobatan kanker tak dipungkiri memakan banyak biaya. Namun jangan khawatir, kita bisa mengurangi risiko kanker dan menyembuhkannya cukup dengan menggunakan bahan alami yang dimiliki oleh Indonesia.

Ya, manfaat temulawak lainnya yaitu mampu mengobati kanker prostat, kanker payudara dan kanker usu. Ada sebuah riset yang mengatakan, jika manfaat temulawak ini juga dapat menghambat pertumbuhan serta perkembangan kanker prostat.

Para peneliti dari University of Maryland Medical Center menjelaskan, bahwa bahan-bahan herbal mungkin bisa membantu menghentikan pertumbuhan kanker berkat zat antioksidan yang terkandung di dalam obat herbal, salah satunya yaitu temulawak.

5. Hempaskan Jerawat

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam

Photo :
  • Freepik

Dalam dunia kecantikan, bahan-bahan alami nyatanya mampu meyingkirkan jerawat yang ada di wajah. Meskipun tidak instan, menggunakan bahan-bahan alami terbilang aman dan tidak ada efek samping.

Dan salah satu bahan alami yang mampu menghempaskan jerawat yaitu temulawak. Ini karena temulawak memiliki sifat astringent.  Di mana astringent bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak dari kelenjarnya. Selain itu, kandungan antiseptik di dalamnya juga bisa membantu membersihkan kulit dari bakteri penyebab jerawat.  Dengan begitu, jerawat yang meradang akan berangsur hilang dan sirna.
 

Ilustrasi beli obat bisa lewat layanan telefarmasi.

Istri Bintang Emon Positif Narkoba Gegara Obat Flu, Begini Penjelasan Ahli

Terkait kasus yang dialami oleh Alca Octaviani, ada 2 jenis obat yang telah ia konsumsi di antaranya adalah obat actifed yang mempunyai kandungan pseudoephedrine.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024