Taipan Mode Terkaya dari Negeri Ginseng

Lee Seo-hyun, taipan mode dari Korsel
Lee Seo-hyun, taipan mode dari Korsel
Sumber :
  • koreatimes.co.kr I Forbes.com

VIVAnews - Namanya Lee Seo-hyun. Parasnya cantik rupawan. Usianya juga relatif muda, baru 36 tahun. Kini, ia menjadi juragan fashion ternama di Korea Selatan dan siap ekspansi ke manca negara.

Kini, ia memiliki menjadi salah satu orang tajir di dunia, kekayaannya US$ 500 juta atau Rp 4,5 triliun. Namanya beberapa kali masuk dalam daftar orang terkaya Korea Selatan versi Forbes. Tak terkecuali edisi 28 April 2010 lalu. Ia berada di urutan ke 35 dari 40 orang terkaya Korsel.

Nomor satu adalah ayahnya, Lee Kun Hee yang sudah berusia 68 tahun dan memiliki tiga anak. Dia adalah Chairman Samsung Electronics, kelompok bisnis terbesar di Korea Selatan dan pemain besar dunia. Taipan terkaya Korsel ini memiliki harta sebesar US$ 7,9 miliar atau Rp 71 triliun.

Kini, dia siap-siap pensiun dan mulai menempatkan anak-anaknya di unit-unit bisnis Samsung sesuai dengan kapasitas dan keahlian mereka.

Lee Seo-hyun, adalah putri bungsu Lee Kun Hee yang ditempatkan di sejumlah jabatan strategis. Ia menjabat sebagai Senior Vice President di Cheil Industries, unit dari grup Samsung yang bergerak di bidang tekstil, fashion, material teknologi informasi, dan produk kimia.

Jabatan penting lainnya adalah Senior Vice President bagian strategi dan perencanaan di Cheil Worldwide Inc, agen periklanan dan pemasaran terbesar di negeri ginseng itu. Dia mulai diangkat menempati posisi ini sejak empat bulan lalu. Tujuannya, mendorong kinerja perusahaan di percaturan global.

"Lee Seo-hyun punya kemampuan lobi yang lihai di kalangan rumah mode mewah kelas dunia," ujar juru bicara Cheil Worldwide, Lee Jeong-eun seperti dikutip media korsel, Yonhap beberapa waktu lalu. Menurut dia, pengangkatan Lee Seo-hyun akan membantu pertumbuhan lebih lanjut menyusul ekspansi perusahaan di tingkat dunia.

Lebih dari itu, wanita lulusan Parsons School of Design, sebuah sekolah desain di New York, AS ini juga dikenal berhasil mengembangkan bisnis mode dari kelas kasual berkembang ke produk-produk fashion mewah dan berkelas.

Pada akhir tahun lalu Cheil Worldwide mengakuisisi Barbar Group, perusahaan iklan digital yang berbasis di Boston, Amerika. Sebelumnya, pada 2008, membeli Beattie McGuiness Bungay (BMB), agen iklan yang berbasis di London.

Ke depan, Lee -- yang sudah menikah dan memiliki empat orang anak itu -- merupakan salah satu pewaris kerajaan bisnis Grup Samsung. Dia pun siap-siap untuk menggebrak dunia.