Erwin Aksa Terinspirasi Aksi Chairul Tanjung

Chairul Tanjung, Para Group
Sumber :
  • VivaNews/ Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Pengusaha nasional Chairul Tanjung baru saja mengakuisisi PT Carrefour Indonesia. Ketua Umum HIPMI Erwin Aksa menilai, langkah tersebut menginspirasikan pengusaha nasional untuk berani mengakuisisi perusahaan multinasional.

“Ini sangat menginspirasi pengusaha. Biasanya yang kita dengar perusahaan nasional diakuisisi asing. Ini sebaliknya,” kata Erwin saat memberi sambutan penandatanganan kerja sama HIPMI-Carefour di HIPMI Center, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu 12 Mei 2010.

Tak hanya itu, Erwin menilai akuisisi ini mengejutkan sebab selama ini sektor ritel lebih banyak dikuasai asing. Itu sebabnya, akuisisi ini banyak memberikan inspirasi dan kepercayaan diri bagi pengusaha nasional untuk terus masuk ke sektor ritel.

Sementara itu, HIPMI menggandeng Carrefour dalam rangka kerja sama pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM). Pihak HIPMI akan membantu Carrefour mencari lokasi pendirian gerai  baru Carrefour.

"Ide ini sudah lama saya sampaikan ke Pak Chairul, waktu di Bali, akhirnya hari ini terwujud," kata Erwin Aksa. (hs)

Erwin menambahkan, jaringan cabang HIPMI di seluruh Indonesia sangat banyak, mencapai 400 cabang. Itu sebabnya, HIPMI bisa bersinergi dengan Carrefour. “Sebanyak 95 persen anggota HIPMI yang mencapai 38.000 orang adalah pelaku UKM.

"Perjanjian ini salah satunya adalah pembinaan terhadap UKM termasuk di antaranya anggota HIPMI," kata dia.

Sementara Presdir PT Carrefour Indonesia Shafie Shamsuddin mengatakan saat ini Carrefour memiliki 4.000 mitra pemasok diseluruh Indonesia dari 80 gerainya, di mana sebanyak 90 persen pemasok adalah pelaku UKM.

Shafie menjelaskan, kesepakatan itu mencakup, pengembangan UKM seperti pelatihan serta pendampingan terhadap UKM, pembukaan akses pasar dan dukungan promosi.

Pole Position Pertama bersama Gresini, Marc Marquez Mantap Incar Podium MotoGP Spanyol 2024

HIPMI akan membantu Carrefour untuk mencari lokasi baru yang berpotensi untuk dibuka gerai baru Carrefour. Selain itu akan ada dukungan penyaluran logisik dan transportasi oleh Carrefour  bagi UKM dan pemantauan dan evaluasi realisasi kesepakatan tersebut.

Pelatih Timnas Uzbekistan Timur Kapadze

Reaksi Pelatih Uzbekistan Usai Lihat Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan

Uzbekistan akan menghadapi Timnas Indonesia U-23 pada babak semifinal Piala Asia U-23 2024. Pertandingan akan berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024