Transformasi Tak Cuma Bisnis, tapi juga SDM

Ilustrasi transformasi bisnis.
Ilustrasi transformasi bisnis.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Budaya Akhlak (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) yang ditanamkan ke seluruh perusahaan BUMN merupakan nilai inti sehingga menjadi pijakan untuk naik kelas, serta modal untuk menang dalam berkompetisi.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Menurutnya, di luar perannya sebagai agen pembangunan untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan rakyat, BUMN juga dituntut untuk menjadi agen pencipta nilai.

Budaya Akhlak tidak hanya transformasi dari segi bisnis, tapi juga harus diiringi dengan transformasi kultural yang berdasarkan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Kontribusi BUMN kepada negara, lanjut Ma’ruf Amin, diharapkan senantiasa meningkat seiring dengan perkembangan total aset dan ekspansi bisnisnya.

"BUMN selayaknya terus meningkatkan diri seiring dengan kemajuan zaman hingga berhasil mewujudkan cita-cita BUMN Indonesia yang mendunia," kata Wapres, Selasa, 9 Agustus 2022.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) Rivan Achmad Purwantono mengaku terus menerapkan budaya yang digaungkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir ini dalam setiap proses kerja dan bisnis perusahaan.

Karena, sebuah kinerja BUMN sangat berkaitan erat dengan core values atau fondasinya, yaitu Akhlak. "Semoga ke depannya, setiap insan Jasa Raharja dapat selalu memberikan performa dan kontribusi terbaiknya untuk perusahaan agar tetap tumbuh berkelanjutan," jelas Rivan.

Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono.

Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono.

Photo :
  • Dok: Jasa Raharja

Oleh karena itu, PT Jasa Raharja (Persero) berhasil meraih penghargaan Akhlak Award 2022 untuk kategori Indeks Implementasi Cluster Jasa Asuransi dan Dana Pensiun yang diselenggarakan ACT Consulting.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Pendiri ACT Consulting Ari Ginanjar Agustian kepada Direktur Utama Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono dan Direktur SDM dan Umum Rubi Handojo.