Gerak Rupiah Terbatas, Kisaran 9.150-9.250/$

Seorang petugas bank menghitung uang rupiah.
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS diperkirakan bergerak terbatas pada transaksi akhir pekan ini. Meski demikian, nilai tukar mata uang domestik itu juga masih berpeluang menguat.

"Rupiah diperkirakan bergerak pada kisaran 9.150-9.250/US$ hari ini," kata analis PT Harvest International Futures, Toni Mariano, kepada VIVAnews di Jakarta, Jumat 4 Juni 2010.

Menurut dia, dengan melihat pola transaksi yang ada, peluang rupiah untuk menguat cukup kuat. Namun, pelaku pasar juga diperkirakan masih mencermati faktor eksternal, seperti krisis utang di Yunani dan Eropa.

"Faktor-faktor eksternal di Eropa itu bisa membuat dolar AS melemah atau menguat, demikian juga untuk pasar saham," tuturnya.

Toni menambahkan, potensi penguatan rupiah di antaranya tertopang kondisi fundamental ekonomi di dalam yang masih cukup kuat.

Ketika disinggung mengenai penurunan devisa per Mei 2010 sebesar US$ 4 miliar menjadi US$ 74,6 miliar dibanding tiga pekan lalu, Toni menilai hal itu tidak perlu dikhawatirkan.
 
"Devisa gak masalah. Kecuali bila imbas krisis global berpengaruh ke Indonesia," ujarnya.

Aksi UI Tiru AS Gelar Kamp Palestine Solidarity untuk Penghentian Perang di Gaza Banjir Dukungan

Berdasarkan data transaksi terakhir di Bloomberg, rupiah berada di level 9.197/US$, sedangkan berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia (BI) Kamis 3 Juni 2010, rupiah di posisi 9.190/US$. (umi)

arinto.wibowo@vivanews.com

Wapres Ma'ruf Amin Dorong Timnas Indonesia U-23 Raih Tiket Olimpiade Paris
Pemain Borussia Dortmund rayakan gol Niclas Fuellkrug

Skenario Bundesliga Kirim 6 Wakil ke Liga Champions Musim Depan

Bundesliga Jerman berpeluang mencatat hal sensasional dengan mengirimkan enam wakil ke Liga Champions musim 2024/25. Begini skenario agar hal tersebut terwujud.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024