Sejuta Manfaat Berada di Alam Terbuka

pernikahan unik di alam terbuka
Sumber :

VIVAnews - Membiasakan diri di alam terbuka ternyata bisa membunuh emosi negatif yang berada dalam diri seseorang. Termasuk stres, sikap apatis dan kecemasan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Psikolog terkemuka asal Inggris, Profesor Geoff Beattie menyatakan, bahwa kurangnya paparan sinar matahari dan udara terbuka bisa menyebabkan tingkat stres seseorang meningkat.

Untuk itu, sudah saatnya bagi Anda yang terlalu sering berada di ruangan tertutup yang penuh dengan kesibukan untuk sesekali pergi berjalan-jalan menikmati sejuknya udara di bawah pohon rindang yang sejuk.

Kebanyakan orang, hanya membutuhkan udara segar dan berjalan-jalan di taman atau di kebun ketika musim semi dan musim panas tiba. Padahal, kebutuhan untuk menghirup udara segar di luar rumah, sangat baik untuk kesehatan jangka panjang.

Untuk menambahkan kesadaran dan motivasi akan pentingnya berada di alam terbuka, Beattie memberikan jalan keluar sebagai berikut:

1. Luangkan waktu
Anda perlu menghabiskan setidaknya satu jam sehari berada di alam yang hijau dan terawat atau berada di taman dengan udara terbuka. Paparan terhadap lingkungan alam memiliki efek restoratif besar, untuk membantu Anda untuk sejenak bersantai dan mengalihkan perhatian tanpa berlebihan.

2. Manfaatkan ruangan apapun yang Anda miliki
Apakah itu hanya kotak jendela, balkon atau taman. Melihat pemandangan alam dapat menimbulkan perasaan positif yang efektif mengurangi stres. Cobalah dan pastikan Anda memaksimalkan pandangan alam dari rumah atau kantor, bisa dengan membuka tirai atau mengarahkan posisi duduk Anda ke jendela besar di samping ruang kerja.

3. Apakah Anda duduk dengan nyaman?
Penelitian menunjukkan duduk di taman memiliki efek restoratif. Cobalah duduk di atas mebel kayu berkualitas yang bisa meningkatkan kenyamanan. Seperti diketahui, apapun benda yang terbuat dari elemen kayu, bisa membuat nyaman penggunanya.

4. Berada di taman yang terawat
Berada di kebun atau taman yang tak terawat justru bisa menambah pikiran makin ruwet dan berdampak buruk pada suasana hati. Untuk itu, pastikan diri Anda berada pada lingkungan yang terawat dengan baik. Karena dengan melihat taman atau kebun yang terawat, pikiran Anda akan selalu positif.

Geoff Beattie menyampaikan, "Kami semua terbiasa dengan gagasan, bahwa minimnya ruang hijau dapat berdampak buruk pada suasana hati Anda. Sedangkan taman dan ruang publik memainkan peran mereka dalam meningkatkan suasana hati. Untuk itu rawat dan jaga lingkungan sekitar agar terlihat hijau dan asri.”

NasDem Belum Jelas Oposisi atau Gabung Pemerintah, Cak Imin: Mau Nanya Itu Sungkan
Chandrika Chika

Chandrika Chika Terjerat Narkoba, Alasannya Mengejutkan: Bukan Doping, Tapi Pergaulan

Wakasat Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan, AKP Rezka Anugras ungkap selebgram Chandrika Chika terlibat dugaan kasus narkoba jenis ganja bukan karena untuk doping

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024