Bank Sentral AS Optimistis, Saham Asia Naik

Seorang pialang memakai kostum tradisional di Bursa Saham Tokyo
Sumber :
  • AP Photo/Katsumi Kasahara

VIVAnews - Indeks harga saham di sejumlah bursa utama mancanegara mengalami kenaikan pada perdagangan Selasa sore, 8 Juni 2010. Kenaikan dipengaruhi oleh pernyataan Gubernur Bank Sentral AS, Ben Bernanke, bahwa pemulihan ekonomi di negaranya masih berada di jalur yang tepat.

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

Selain itu para pelaku pasar juga lega dengan menguatnya kurs euro atas dolar setelah mencetak rekor terendah dalam empat tahun terakhir.

Jelang penutupan perdagangan Selasa, indeks Nikkei 225 di Jepang naik 17,14 poin (0,2%) menjadi 9.537,94 setelah sehari sebelumnya anjlok hampir 4%. Indeks Hang Seng di Hong Kong menguat 109,33 poin (0,6%) menjadi 19.487,48 dan indeks ASX/S&P 200 di Australia naik 1,3% menjadi 4.381,2.

Kenaikan indeks juga dialami bursa-bursa saham di China, Korea Selatan, dan Singapura. Namun, penurunan indeks melanda bursa di Taiwan dan Selandia Baru.

Pada awal perdagangan di Eropa Selasa pagi waktu setempat (sore waktu Asia), indeks FTSE di Inggris sedikit melemah 0,1%, namun indeks DAX di Jerman menguat 0,3% dan CAC-40 di Prancis naik 0,2 persen. Sebaliknya, dini hari tadi, indeks Dow Jones di New York turutn 1,2% menjadi 9.816,49.

Kendati sebagian bursa mengalami penurunan indeks, kalangan pengamat menilai bahwa sentimen investor kini mulai kembali pulih untuk menyambut perburuan saham-saham murah (bargain-hunting).

"Tingkat kepercayaan belum kembali normal, namun menurut saya tingkat kekhawatiran mulai mereda," kata Francis Lun dari Fulbright Securities di Hong Kong. "Menurut saya, pasar-pasar Asia telah pulih dari keterkejutan atas krisis Eropa, sehingga para investor mulai kembali membeli saham," lanjut Lun.

Membaiknya sentimen investor di Asia dipengaruhi oleh pernyataan Bernanke pada Senin malam waktu AS (Selasa pagi WIB). Dia kembali optimistis bahwa ekonomi AS akan kembali atraktif dan tidak akan lagi terjerumus ke jurang resesi.

Namun, menurut Bernanke, pertumbuhan ekonomi di AS harus ditingkatkan lagi untuk meredam tingginya tingkat pengangguran. "Saya berharap kita tetap melanjutkan pemulihan, namun tidak akan dahsyat," kata Bernanke. (Associated Press)

(umi)

Mitsubishi Fuso Resmikan Diler 3S Baru di Morowali
Ilustrasi jenis sabu.

Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim

– Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Malang berhasil membongkar praktik produksi narkotika jenis sabu di wilayah Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024