XL Tuntaskan Migrasi ke IPv6 Sebelum 2011

Jaringan kabel bawah laut global
Sumber :
  • ripe.net

VIVAnews - Demi mengantisipasi pertumbuhan pelanggan Internet yang semakin pesat di masa mendatang, PT XL Axiata Tbk (XL) akan menuntaskan migrasi sistem pengalamatan dari IPv4 ke IPv6 yang dilakukan secara bertahap sejak 2007.

XL, yang sementara ini memiliki 13,5 juta pelanggan data, menjelaskan bahwa migrasi ini untuk mengantisipasi krisis IP di masa mendatang. "Sesuai dengan ketentuan pemerintah, kami akan menyelesaikan migrasi ke IPv6 ini sebelum akhir 2010," kata Dian Siswarini, direktur network XL, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews, Kamis 10 Juni 2010.

"Dengan penerapan IPv6 ini, selain akan bebas dari krisis IP di tahun-tahun mendatang, layanan Internet XL juga akan tetap terkoneksi dengan jaringan Internet global yang hampir semuanya akan berpindah ke IPv6," ujarnya.

Di samping itu, dengan mengaplikasikan IPv6 pada seluruh jaringan, Dian mengatakan, perseroan juga akan lebih leluasa saat akan menerapkan teknologi telekomunikasi terbaru seperti HSPA maupun Long Term Evolution (LTE) beberapa tahun ke depan.

Keunggulan lain IPv6 lainnya adalah mudah dikonfigurasi dan cepat dikenali dengan perangkat-perangkat yang berdekatan sehingga proses integrasi ke jaringan Internet menjadi lebih efisien. IPv6 juga memungkinkan munculnya aplikasi yang sama sekali baru yang penerapannya sulit atau tidak mungkin dilakukan di IPv4.

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

Misalnya, seperti pengenalan item berbasis ”bar code” serta ”RFID tags”, akan menemukan dimensi baru karena besarnya jumlah IPv6 memungkinkan setiap item dikenali secara unik.

"Ketika layanan Internet menjadi kebutuhan masyarakat luas seperti saat ini, alamat IP (Internet Protocol address) menjadi sesuatu yang sangat penting," ujar Dian.

IPv6 memang memiliki alokasi alamat IP yang jauh lebih banyak ketimbang IPv4. Jika IPv4 memiliki sekitar empat miliar alamat IP, IPv6 memiliki alamat IP yang diperkirakan cukup untuk memenuhi kebutuhan seluruh penjuru dunia.

Untuk diketahui, IP Address adalah bagian paling vital dari sebuah proses mengakses informasi, serta berkomunikasi. Sebuah perangkat terhubung dengan perangkat lain melalui jaringan Internet adalah karena diaktifkannya IP Addresss di perangkat tersebut. Dengan adanya IP Address tersebut memungkinkan terjadinya komunikasi antarjaringan yang terhubung ke internet. (art)

Rizky Nazar

Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini

Rizky Nazar menjelaskan dirinya pergi ke tempat yang ada di video tersebut ramai-ramai dan tidak berduaan dengan Salsha Adriani.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024