Astra Akan Kuasai 100% Saham Astra Sedaya

ilustrasi investasi
Sumber :
  • Adri Prastowo

VIVAnews - PT Astra International Tbk akan meningkatkan kepemilikan di PT Astra Sedaya Finance (ASF) dari 53 persen menjadi 100 persen.

Upaya untuk meningkatkan kepemilikan saham itu seiring dengan ditandatangani conditional share sale and purchase agreement antara Astra International dan General Electric Capital Corporation. Perjanjian itu untuk pembelian 100 persen saham di PT General Electric Services (GES).

Selain itu, pada hari ini, Kamis 10 Juni 2010, juga ditandatangani conditional share sale and purchase agreement sehubungan dengan pembelian saham milik General Electric Capital Asia Investments Inc oleh Astra International di PT Sedaya Pratama sebesar 47 persen. Sedaya Pratama adalah pemilik dan pengelola beberapa properti.

Arief Istanto, chief of corporate communication Astra International, dalam siaran pers di Jakarta, mengatakan, kedua transaksi itu akan efektif tergantung pada pemenuhan conditions precedent, termasuk di antaranya persetujuan dari kreditor Astra Sedaya Finance terkait dengan pembelian saham di GES, karena GES merupakan pemilik 47 persen saham ASF.

Apabila kedua transaksi tersebut telah berlaku efektif, portofolio anak perusahaan di Grup Astra itu mengalami penambahan. Astra International memiliki kepemilikan saham sebesar 100 persen dari total jumlah saham yang telah dikeluarkan GES, sehingga kepemilikan saham di ASF naik dari 53 persen menjadi 100 persen.

Demikian pula kepemilikan saham Astra International di Sedaya Pratama akan meningkat dari semula 53 persen menjadi 100 persen.

Pada kedua anak perusahaan Astra International tersebut (ASF dan SP), pada saat closing, PT Arya Kharisma akan memegang satu saham untuk memenuhi ketentuan minimal jumlah pemegang saham di sebuah perseroan terbatas sebagaimana diatur Pasal 7 Ayat (1) Undang-undang Perseroan Terbatas No. 40 Tahun 2007.

Kedua transaksi tersebut bukan merupakan transaksi material bagi Astra International. Astra berusaha untuk meningkatkan pertumbuhan usahanya, termasuk melalui akuisisi bisnis yang secara strategi cocok dan secara ekonomi layak. (hs)

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro
Sekretaris Jenderal DPP PKS Habib Aboe Bakar

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

Partai Keadilan Sejahtera, siap menggelar karpet merah untuk Prabowo Subianto, Presiden terpilih Pilpres 2024. Itu akan dilakukan jika Prabowo hadir di halal bi halal PKS

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024