Dukungan Mistik Bagi Tim Bafana Bafana

Seorang pendukung Afrika Selatan dengan vuvuzela-nya
Sumber :
  • viviennemackie

VIVAnews - Masih ingat aksi dukun Kamerun yang melakukan ritual pengusiran hantu di 12 arena pertandingan Piala Dunia 2006 di Jerman? Memang sudah bukan rahasia lagi jika sihir dan mistik memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat Afika.

Pada Piala Dunia kali ini, aksi serupa juga mewarnai perhelatan akbar sepakbola yang digelar di Afrika Selatan. Sejumlah dukun atau cenayang berlomba membuat prediksi peruntungan sekaligus membangun kekuatan agar tim nasional negaranya meraih kesuksesan.

Seorang dukun di Afrika Selatan merekomendasikan untuk menyembelih seekor sapi di stadion Soccer City, Johannesburg. Korban itu dipercaya akan memberkati lapangan sekaligus memberi tambahan semangat spiritual bagi tim Bafana Bafana.

"Kepercayaan mistik semacam itu memang sudah ada sejak saya lahir," kata Linda Moreotsene, seorang wartawan olahraga media lokal. "Tapi saya rasa kepercayaan itu mulai berkurang di klub-klub sepakbola setelah banyak pelatih Eropa yang masuk."

Dukun lain, Sebenzile Nsukwini, melakukan ritual pemberkatan untuk keselamatan masyarakat selama Piala Dunia. Dengan serpihan tulang sebagai media ramal, ia meyakinkan warganya bahwa perhelatan Piala Dunia 2010 akan aman. "Wah, sepertinya ada nasib baik untuk Afrika Selatan," ujarnya. "Jauh dari masalah, tak ada bom."

Kepercayaan mistis juga berlaku di sisi lain benua Afrika yaitu Pantai Gading. Demi kejayaan tim nasional negaranya, para suporter fanatik berbondong-bondong menyambangi dukun lokal dan tempat keramat untuk memberi dukungan spiritual. "Kami mendatangi hutan keramat dua sampai tiga minggu sekali untuk mendukung tim," kata Gnahouleou Emile, ketua perkumpulan suporter Pantai Gading.

Pj Gubernur Agus Fatoni Sampaikan 6 Raperda Sumsel di Depan DPRD, Apa Saja?

Akankah langkah magis itu terbukti? Kita lihat saja.

BYD Shark

Jegal Ford Ranger dan Toyota Hilux, BYD Ikut Persiapkan Pikap Listrik Berbasis Hybrid

Pabrikan asal China, Build Your Dreams (BYD) secara resmi mengumumkan peluncuran truk pikap plug-in Hybrid pertama, bernama BYD Shark pada ajang Beijing Motor Show 2024.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024